Penyebab Knalpot Motor Keluarkan Asap Hitam + SOLUSI

Penyebab knalpot motor keluar asap hitam Penyebab Knalpot Motor Keluarkan Asap Hitam + SOLUSI
Knalpot Motor

Knalpot motor keluar asap hitam? Penasaran dengan apa penyebabnya dan ingin tahu cara menghilangkan asap hitam pada motor tersebut. Satu lagi biasanya bukan hanya motor ngebul saja yang bikin malu, melainkan juga bau dari asap motor yang merusak indera penciuman kita.

Apa hanya sebatas itu kerugian akibat asap hitam motor? Tentu saja tidak, lantaran proses pembakaran yang kurang sempurna gas buang yang dihasilkan pun juga lebih pekat dengan kadar pencemaran karbon yang tinggi. Selain itu kantong pun makin kempes lantaran konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

Menjawab semua keluhan tersebut berikut beberapa ulasan singkat tentang apa penyebab knalpot motor sering keluarkan asap hitam dan bagaimana cara mengatasi knalpot yang mengeluarkan asap hitam pada motor tersebut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Knalpot Motor Keluarkan Asap Hitam

Beberapa sebab berikut mungkin bisa dijadikan indikasi perbaikan yang dapat Brosis lakukan, berikut di antaranya...

Busi Aus

Busi yang sudah tidak bekerja secara optimal akan memperburuk kinerja di ruang bakar, sebagai pemantik bunga api busi yang prima sangat disarankan.Selain itu biasanya juga datang dari setelan celah busi yang kurang pas, terlalu renggang atau rapat.

Solusinya silahkan Brosis ganti busi tersebut dengan yang lebih prima atau baru, tidak lupa setel celah busi dengan menggunakan feeler gauge.

Spuyer Aus

Penyebab asap hitam motor berikutnya datang dari lubang spuyer atau main jet yang sudah mulai usang, akibatnya aliran bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran terlalu banyak atau berlebihan.

Solusi untuk kasus ini cukup mengganti spuyer dengan yang baru.

Klep Masuk Bocor

Penyebab knalpot ngebul berikutnya datang dari klep masuk bahan bakar yang bermasalah, lantaran bocor sehingga pasokan bahan bakar ke ruang pembakaran jadi terlalu banyak. Alhasil pembakaran tidak bisa maksimal dan cenderung mengeluarkan asap hitam pada knalpot motor.

Solusi atau cara menghilangkan asap hitam pada motor ini, yaitu dengan diskir klep.

Ruang Bakar Berkerak

Kotornya ruang bakar akibat sisa pembakaran menimbulkan masalah tersendiri, yaitu sisa timbunan karbon yang menjadi intip/kerak.

Solusinya hanya satu yaitu bersih-bersih Bro, silahkan Brosis bongkar kepala silinder dan segera buang kerak karbon tersebut menggunakan alat yang disarankan.

Filter Angin Kotor

Penyebab motor sering mengeluarkan asap hitam bisa juga datang dari hal sepele seperti kotornya saringan udara, pemicunya lantaran udara masuk yang terlalu miskin/sedikit akibat dari filter udara yang tersumbat kotoran.

Solusi untuk cara menghilangkan asap hitam pada motor Brosis, cukup mudah seperti melakukan penggantian komponen tersebut dengan yang baru.

Setelan Stasioner yang Kurang Pas

Penyebab knalpot motor berasap hitam berikutnya datang dari setelan stasioner yang kurang pas, hal ini dikarenakan setelan stasioner atau langsam yang terlalu kecil akibatnya pasokan udara juga ikut sedikit. Sering dijumpai bagi mereka yang mau irit bensin tapi tidak mengetahui apa resikonya, selain itu setelan langsam motor yang terlalu kecil juga membuat sirkulasi oli kurang lancar jadi memang sangat besar resikonya.

Solusinya cukup mudah silahkan Brosis putar baut rpm menggunakan obeng (-) berlawanan arah jarum jam. Gunakan  rpm meter sebagai alat ukurnya jangan mengandalkan feeling aja

Beberapa penyebab motor sering mengeluarkan asap hitam mungkin bisa menjadi acuan atau tolak ukur Brosis dalam melakukan servis si kuda besi jagoannya.

Baca Juga : Penyebab Knalpot Motor Keluar Asap Putih dan Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot Motor

Pasalnya apa penyebab knalpot motor keluarkan asap hitam sebenarnya datang dari pembakaran di ruang bakar yang kurang sempurna seperti : ketidakseimbangan campuran bahan bakar dengan udara yang mana pasokan udara terlalu miskin/sedikit yang membuat proses pembakaran berlangsung kurang sempurna, atau pun karena kehadiran zat baru saat pembakaran misal : oli. Oke, Brosis semuanya saya pamit dulu. Cukup sudah pembahasan kali ini semoga tips cara menghilangkan asap hitam pada motor bisa membantu ... sampai jumpa, salam otomotif...

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu