Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Lampu Utama Sepeda Motor Redup

Lampu utama ataupun lampu penerangan yang ada pada bagian kepala maupun pada bagian dada sepeda motor perannya sangat penting pada saat berkendara malam hari, apabila lampu motor redup maka penerangan terhadap jalan saat kita berkendara akan terganggu karena redupnya lampu motor alhasil kita juga tidak nyaman menggunakan motor tersebut.


Apabila lampu sepeda motor awalnya terang dan lama kelamaan menjadi redup bisa di sebabkan oleh banyak faktor, dan kita juga harus mengeceknya satu persatu masalah tersebut baik pada jalur kabelnya maupun pada setiap komponen lampu penerangan tersebut yang ada di sepeda motor.

1. Cek pada bagian mika reflektor pada motor kita apakah sudah buram atau masih bagus, mika yang sudah buram juga akan bermasalah bagi lampu motor karena akan mengganggu cahaya lampu untuk memancarkan ke araha depan tentunya titik fokusnya akan bermasalah dan apabila reflektor yang murahan juga akan menjadi penyebab cahaya lampu tidak fokus dan malah akan menyebar kemana - mana.

2. Cek pada bohlam lampu, apakah terlihat masih baik atau tidak, dan tentunya harus  sesuai standar dari pabrikan motor tersebut, untuk yang menggunakan bohlam dua biji baiknya menggunakan 18 watt dan untuk satu bohlam gunakan yang 25 watt dan jangan gunakan bohlam yang 35 watt karena akan menyebabkan panas yang berlebih dan akan menjadikan reflektor area bohlam tersebut meleleh.

3. Cek juga pada kabel dan soket lampu motor tersebut, kabel yang kendor dan soket yang kendor akan bermasalah pada arus listrik yang masuk ke bohlam lampu, karena kurang maksimalnya arus tersebut akibat kotoran yang ada di soket kabel ataupun kabel yang kendor maka lampu akan menjadi redup.

4. Cek pada kiprok motor dikarenakan kiprok juga berfungsi sebagai tahanan untuk lampu depan sepeda motor jika lampu sepeda motor tersebut masih mengikuti putaran mesin.

5. Cek aki pada sepeda motor di karenakan aki juga berpengaruh besar pada sistem penerangan lampu depan jika sepeda motor tersebut arus lampu depannya menggunakan aki atau bisa di katakan fullwave.

6. Cek spull motor, biasanya permasalahan yang paling banyak terjadi adalah pada spull motor yang sudah lemah maka akibatnya lampu sepeda motor menjadi redup, jika spull lampu sudah sedikit rusak maka arus yang keluar dari spull tersebut maka akan berkurang, maka kita harus melakukan penggantian spull yang baru atau juga bisa di gulung ulang pada spull lampunya apabila tidak mau ribet sebaiknya ganti saja karena lebih cepat dan praktis.

7. Cek juga pada bagian magnet sepeda motor, magnet yang sudah lemah juga akan mengganggu arus listrik yang keluar dari spull, baik spull lampu, spull pengisian, ataupun spull pengapian yang ada pada sepeda motor sistim AC, jika pada poin pertama sampai point ke enam sudah di cek tetapi masih redup maka point terakhir ialah ganti magnet sepeda motor tersebut, apabila kurang yakin kita bisa pinjam spull motor milik tetangga atau teman kita untuk memastikan apakah magnetnya bermasalah atau tidak  meskipun kasus ini jarang terjadi, tetapi saya pernah mengalaminya, sudah saya cek dan sebagian saya ganti komponen poin pertama sampai keenam hasilnya masih nihil, dan akhirnya saya tes menggunakan magnet lain yang sama jenisnya dengan magnet tersebut tentunya magnet yang untuk uji coba juga harus masih bagus, setelah saya melakukan penggantian terhadap magnet sepeda motor tersebut hasilnya pun nyala lampu menjadi terang seperti bawaan pabriknya.

Itulah berbagai masalah untuk memecahkan masalah sistem penerangan lampu depan motor yang redup, apabila bagi anda ada yang mengalaminya dan sudah menemukan letak permasalahannya jangan lupa untuk berbagi pengalaman disini.

Post a Comment for "Penyebab Lampu Utama Sepeda Motor Redup"