Penyebab Mesin Motor Cepat Panas (Overheat) dan Solusinya

Motor Overheat

Macam-macam penyebab mesin motor cepat panas atau overheat bisa dibilang cukup banyak, dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kurangnya perawatan sampai perlakuan yang salah terhadap motor itu sendiri.
Sebelumnya ulasan ini terbagi ke dalam dua postingan yaitu penyebab dan solusi, untuk solusinya silahkan gulir ke bawah.

Mesin motor panas atau overheat sering kali terjadi saat kita touring atau hanya sebatas jalan-jalan saja, untuk mengetahui bahwa mesin motor overheat atau tidak sangatlah mudah. Hanya dengan menarik handle gas kita sudah bisa menilai mesin tersebut bermasalah, ciri-ciri mesin motor cepat panas biasanya adalah motor yang tiba-tiba loyo tak bertenaga. Motor berasa tak bertenaga walaupun kita sudah berusaha sekuat tangan menarik gas, yang hasilnya motor hanya meraung-raung tak jelas.

Nah, untuk tips cara agar mesin motor tidak cepat panas Brosis dapat simak berikut. Dengan mengetahui beberapa penyebab mesin motor overheat mungkin sedikit bisa membantu keluhan Brosis.

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas Atau Overheat

Salah Oli Motor

Kasus pertama penyebab mesin motor cepat panas berasal dari pendingin mesin itu sendiri, yaitu oli mesin. Dalam hal mendinginkan suhu dan menstabilkan temperatur mesin tidak ada yang lebih baik kinerjanya selain oli, kendati demikian pemilihan oli yang salah juga menjadi boomerang bagi pengendara. Pasalnya bukannya dingin malah semakin panas, atau pun sebaliknya mesin sukar sekali mencapai temperatur atau suhu kerja mesin.

Maka dari itu selalu usahakan memilih oli mesin dengan ketentuan SAE yang disarankan, biasanya sudah tertera bersama buku panduan. Bukan hanya itu pemberian oli juga diperhatikan jangan terlalu banyak atau sedikit biasanya 0,8L atau bisa lihat di buku panduan.

Satu lagi penyebab mesin motor gampang panas/overheat juga bisa datang dari oli palsu, yaitu oli kemasan yang dijual bebas tanpa lisensi standar asli pabrikan. Oli motor jenis ini bersifat merusak Bro, maka dari itu selalu perhatikan logo dan dan segel kemasan setiap melakukan pembelian oli.

Pembakaran yang Tidak Maksimal

Penyebab mesin motor cepat panas berikutnya datang dari penyetelan yang kurang pas, atau pun karena faktor pemakaian. Nah, untuk lebih jelasnya berikut beberapa di antaranya...

#1. Celah Busi Kurang Pas
Celah busi sangat menentukan seberapa besar percikan api (bunga api) yang dihasilkan dengan konsekuensi pasokan listrik dan ketepatan waktu (timing) kapan busi akan menyala. Semuanya saling terkait satu sama lain maka dari itu penting untuk memeriksanya, lantaran jika celah busi (Gap) terlalu longgar atau pun sempit akan mengakibatkan ketidaktepatan proses pembakaran dan biasanya pasokan bahan bakar terbakar lebih awal atau malah sebaliknya.

#2. Busi Aus
Bukan hanya celah busi saja yang menjadi penyebab mesin sepeda motor cepat panas kualitas busi juga ikut berperan, busi dengan kualitas di bawah standar sering kali memiliki kinerja yang kurang stabil dalam memercikan bunga api. Segera lakukan penggantian busi bila sudah dirasa aus atau gosong.

#3. Busi Sesuai Standar
Apa hanya itu saja? Ada lagi Brosis, standar ketentuan pemasangan busi juga ikut andil. Sering kita keliru memasang busi tidak pada tempatnya, lantaran bentuknya sama tapi jenisnya berbeda. Terdapat dua jenis tipe busi yaitu busi panas dan dingin. Pemasangan busi panas yang dikhususkan untuk mesin motor balap dan busi dingin yang diprioritaskan untuk mesin motor biasa atau standar.

#4. Setelan Skep Angin Karburator
Sering kita oprek Bro, dengan tujuan biar makin basah atau kering. Ternyata jika setelan ini kita atur terlalu boros atau pun irit juga tidak baik buat mesin, akibatnya mesin motor cepat sekali panas. Maka dari itu lebih baik yang sedang-sedang saja atau sesuai standar pabrikan.

Piston dan Ring Piston Bermasalah

Sudah sangat familiar sekali dengan nama komponen ini pastinya, yang artinya jika terjadi kerusakan di sektor ini bisa dipastikan motor akan turun mesin atau mengalami kerusakan berat. Asumsi penyebab mesin motor cepat panas berasal dari kepala piston yang sudah berkerak serta bagian blok silinder dengan masalah yang sama.

Selain hal tersebut aliran pelumas yang tidak sempurna jalaran ring piston aus juga ikut menambah deret masalah mesin motor cepat panas, pasalnya rusaknya beberapa komponen penting di ruang bakar menjadi acuan tersendiri seberapa sehat mesin motor tersebut.

Celah Katup yang Tidak Sesuai

Masuk ke bagian atas piston ada celah katup yang bertugas sebagai klep masuk bahan bakar dan klep buang sisa bahan bakar, setelan katup yang terlalu renggang atau pun rapat sangatlah berpengaruh terhadap kinerja mesin tersebut. Setelan katup yang terlalu renggang lantaran usia pemakaian harus segera dibenahi dengan cara melakukan perawatan rutin (tune-up).

Nah, mungkin itu saja Brosis beberapa penyebab mesin motor cepat panas atau overheat yang berhasil kita bahas. Simak juga kelanjutannya dalam mudahnya cara mengatasi mesin motor cepat panas (overheat).

Post a Comment

0 Comments

Close Menu