Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Mesin Motor Membrebet atau Mati Saat Digas



- Jumpa lagi dengan fz di artikel yang judulnya cukup mengesalkan ini. Kenapa? karena mesin motor membrebet atau mati saat digas, bukannya ngacir malah modar kan gak asik kan om tante.? :v

Hal seperti ini kerap kali terjadi setelah motor dicuci, kehujanan, menerjang banjir dan sebagainya. Khususnya pada sepeda motor yang menggunakan karburator. Penyebabnya utamanya ialah masuknya air ke karburator. Nah tapi jika motor tidak habis dicuci atau sejenisnya, coba periksa beberapa penyebab motor mati atau membrebet jika digas seperti berikut.

Penyebab Mesin Motor Membrebet atau Mati Saat Digas

Busi yang rusak
Yap, busi yang rusak atau sudah mulai melemah karena masa pakai yang lama juga dapat menjadi penyebab motor membrebet atau mati saat digas. Jangankan kedua hal tersebut, mesin juga dapat mengalami mati total atau tidak bisa menyala sama sekali jika kerusakan pada busi sangat parah.

Karburator kotor
Selain karena karburator kemasukan air, kotornya saluran-saluran di dalam karburator. Kotoran ini dihasilkan oleh kotornya bahan bakar yang masuk dan kotoran dari tangki bahan bakar. Sudah pasti kotoran akan menyumbat dan menghambat aliran bahan bakar. Dan pada saat digas, suplai bahan bakar dari karburator ke ruang bakar kurang dan terjadilah membrebet bahkan mati. (Mesinnya :v)

Koil atau Ignition Coil bermasalah
Koil yang bermasalah membuat kecilnya percikan api pada busi. Efeknya, sudah pasti membrebet atau bahkan mati pada saat digas. Selain itu, karena percikan api kecil membuat pembakaran jadi tidak sempurna, membuat kerak sisa pembakaran menumpuk, boros bahan bakar. Sebenarnya kerusakan pada coil ini terbilang cukup jarang mengalami kerusakan. Namun tidak menutup kemungkinan koil juga dapat bermasalah.

CDI bermasalah
CDI atau Capacitor Discharge Ignition yang mengalami masalah juga dapat menjadi penyebab membrebetnya atau bahkan matinya mesin saat digas. Yaps, fungsi CDI yang bertugas mengatur waktu meletiknya bunga api pada busi untuk membakar bahan bakar. Kalau bermasalah, sudah pasti membuat kacau waktu meletiknya bunga api pada busi yang berakibat waktu pembakaran tidak tepat.

Pulser atau Spul bermasalah
Jika semua komponen sistem pengapian diperiksa, jangan lewatkan komponen yang satu ini. Coba periksa apakah ada kerusakan pada lilitan kawat spul dan kerusakan lainnya. Nah jika spul rusak, sarannya jika alat di rumah kurang langsung saja bawa motor ke bengkel terdekat.

Nah, itu dia beberapa penyebab motor jika digas langsung membrebet atau mati. Periksa komponen utama motor secara rutin sebelum digunakan dan secara berkala. Selalu konsentrasi saat berkendara. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Penyebab Mesin Motor Membrebet atau Mati Saat Digas"