Penyebab Motor Susah Dihidupkan

Sepertinya tidak sedikit orang yang mengeluhkan bahwa motornya susah dihidupkan, baik di pagi hari saat baru mau mulai memanaskan mesin atau mungkin memang selalu susah saat dihidupkan walaupun motor dalam keadaan panas.

Kali ini saya akan menjelaskan cara untuk mengatasi motor yang susah dihidupkan baik itu mesin motor 4 TAK maupun mesin motor 2 TAK.

Untuk motor yang bermesin 4 TAK jika di pagi hari pada saat pertama mau menghidupkan mesin terasa susah dan akhirnya motor bisa dihidupkan setelah motor berkali - kali disela penyebabnya adalah dikarenakan setelan klep yang terlalu rapat, stelan klep yang terlalu rapat akan membuat kompresi pada mesin motor akan sedikit merembes karena klep yang sedikit terbuka akibat stelan klep yang terlalu rapat.


Dan apabila motor sudah bisa hidup sekali pastinya motor tersebut akan terasa mudah untuk dihidupkan kembali, karena panas mesin motor akan mengakibatkan pemuaian dari yang tadinya rapat bisa sedikit merenggang karena panas mesin tersebut, dan pastinya stelan klep juga akan sedikit merenggang makanya pada saat motor sudah bisa di hidupkan sekali pasti motor akan mudah untuk dihidupkan lagi, maka dari itu anda harus menyetel klep motor anda apabila mengalami hal tersebut.

Klep pada sebuah sepeda motor akan ikut bergerak dari putaran poros engkol kemudian diteruskan melalui rantai sentrik, noken as dan piano klep.

Kenapa klep motor bisa menjadi rapat padahal pada penyetelan awal stelan klep telah pas, itu di akibatkan karena rantai sentrik yang sudah mulai aus dan memanjang akibat lamanya pemakaian  sehingga noken as ikut sedikit bergeser dan mengakibatkan celah antara piano klep dan klep akan menjadi rapat.

Dan apabila stelan klep sudah pas tetapi mesin masih susah dihidupkan pada saat pagi hari pada saat mesin masih dingin juga bisa di karenakan klep yang sedikit bocor akibat kerak yang ada di ruang bakar mengganjal ataupun klep yang sudah aus, baik itu klep in (masuk) ataupun klep ex (keluar).

Untuk mengatasinya anda perlu membongkar head silinder dan harus melakukan penyekiran pada kedua klep tersebut supaya klep bisa rapat kembali.
Apabila Motor anda sudah mengeluarkan asap berwarna putih ini juga lama kelamaan akan membuat motor anda susah dihidupkan karena kompresi motor akan berkurang dan pastinya motor akan susah hidup, sebaiknya bongkar silinder mesin motor anda cek pada bagian silinder dan ring pistonnya.
Apabila silinder masih bagus dan ring sudah tipis anda hanya perlu mengganti ring piston saja, tetapi apabila silinder sudah ada baret sebaiknya anda harus mengkorter silinder anda.

Untuk motor 2 TAK yang susah dihidupkan mungkin  dikarenakan membran karburator yang sudah tidak rapat lagi, silahkan anda cek membrannya dan sekalian cuci karburatornya.

Kemudian cek pengapian, dan bongkar pada blog silindernya bersihkan ruang bakarnya dan cek pada bagian ring pistonnya, jika ring sudah tipis maka gantilah ring piston tersebut, fungsinya supaya kompresi mesin motor anda menjadi padat kembali dan tentunya tenaga motor akan menjadi lebih besar dikarenakan kepadatan kompresi tersebut.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu