Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Noken As dan Piano Klep Cepat Aus

Noken as dan piano klep pada sebuah motor dapat saja mengalami keausan karna pemakaian jangka panjang dan juga di karenakan motor yang sudah berumur.
Akibat Keausan tersebut maka akan membuat suara motor jadi kasar pada bagian head silinder motor dan tentunya tidak enak untuk didengar dan akan membuat kita risih karna suara tersebut.


Jika motor anda mengalami hal tersebut yaitu bunyi kasar yang di timbulkan pada head silinder sebaiknya anda segera membongkar motor anda jika tidak maka lama kelamaan motor tersebut akan terjadi kerusakan tambah parah dan tentunya untuk menservis akan membutuhkan biaya yang besar juga.

Penyebab umum yang menyebabkan keausan teehadap noken as dan piano klep dikarenakan kurangnya oli yang naik ke head silinder untuk membasahi komponen yang ada di dalam head silinder tersebut.


Maka dari itu diharapkan melakukan pengecekan oli dengan rutin dan mengganti oli jika sudah berbulan - bulan tidak di ganti, dikarenakan peran oli sangat penting bagi mesin motor kita, fungsi oli selain untuk melumasi komponen yang ada di dalam mesin juga untuk pendingin terhadap mesin motor.

Biasanya oli mesin tidak sampai naik ke atas head silinder dikarenakan oli yang sudah sedikit di dalam bak mesin, atau juga pompa oli yang sudah tidak maksimal maupun lubang saluran oli yang menuju ke head silinder sedikit tersumbat oleh kotoran yang ada di dalam mesin.
Untuk mengatasinya silahkan anda cek takaran oli mesin motor anda, cek juga pada head mesin dengan cara membuka tutup klep  bagian atas atau tutup klep in, setelah tutup klep terbuka maka akan terlihat  ada atau tidak adanya oli yang membasahi komponen head silinder motor anda itu.

Untuk lebih meyakinkannya coba hidupkan mesin motor anda, apabila saat mesin motor hidup tetapi percikan oli tidak keluar maka anda harus segera membongkar pompa oli motor anda yang ada di bagian komponen kopling atau di dalam bak kopling motor anda, dan untuk jenis motor yang menggunakan gear pompa oli di gerakkan oleh rantai sentrik seperti motor supra, grand, legenda dan motor yang berbentuk seperti itu maka anda harus mengecek gear pompa olinya yang letaknya ada di dalam bak magnet dan harus melepas magnet dan tutup sentrik supaya dapat terlihat.

Jika anda ragu untuk melakukan sendiri sebaiknya bawa motor anda ke bengkel langganan kepercayaan anda supaya permasalahan tersebut bisa teratasi, sehingga kerusakan tidak merembet ke komponen - komponen yang lainnya.

Post a Comment for "Penyebab Noken As dan Piano Klep Cepat Aus"