Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Plus Cara Mengatasi Karburator Motor Banjir (Bocor)

Penyebab dan Cara Mengatasi Karburator Motor Banjir Penyebab Plus Cara Mengatasi Karburator Motor Banjir (Bocor)
Karburator Motor

Karburator motor banjir atau bocor merupakan penyakit motor tua Bro, yang kini sudah mulai terlupakan lantaran mayoritas mesin keluaran sekarang sudah mengadopsi teknologi injeksi. Kendati demikian bukan berarti kita melupakannya, dan ternyata masih banyak yang masih setia menggunakannya. Nah, berikut ini kita akan kupas apa saja penyebab karburator motor banjir beserta tips bagaimana cara mengatasi karburator motor banjir dengan sangat mudah...

Sekedar tambahan pengertian karburator sendiri adalah komponen yang berfungsi mencampur bahan bakar dan udara dengan proses pengkabutan.

Nah, langsung saja berikut beberapa penyebab banjir bensin yang sering melanda si kuda besi Brosis.

Penyebab Karburator Motor Banjir atau Bocor

Sebab-sebab karburator bocor mudah dan sudah pasti berasal dari komponen needle valve, komponen tersebut disinyalir tidak bekerja secara maksimal dikarenakan tidak bisa menutup rapat aliran bahan bakar dari tangki ke karburator motor.

Lantaran needle valve yang tidak bisa membuka dan menutup secara maksimal, membuat ruang pelampung kebanjiran bahan bakar atau bocor bahan bakar dari tangki.
Ruang pelampung adalah tempat penampungan bahan bakar sementara, sebelum akhirnya dibawa ke karburator motor.

Maka dari itu tidaklah mengherankan jika karburator banjir lantaran needle valve yang tidak bekerja, jika dilihat dari cara kerjanya idealnya saat bahan bakar di ruang pelampung tersebut berkurang seharusnya diikuti juga dengan membukanya needle valve. Tahap selanjutnya bahan bakar akan mengalir lagi ke ruang pelampung dengan kapasitas yang telah diatur, sampai jika kondisi di ruang pelampung penuh bahan bakar needle valve secara otomatis akan menutup secara rapat.

Sebaliknya jika needle valve rewel ruang pelampung yang seharusnya sudah penuh dan tidak muat lagi menampung bahan bakar dipaksa menampung aliran bahan bakar dari tangki lantaran needle valve yang tidak dapat menutup rapat, yang sering kita kenal sebagai peristiwa karburator banjir (bocor).

Oke, jika sudah mengetahui apa penyebab banjir pada karburator motor. Tahap berikutnya yaitu memperbaiki karburator yang rusak tersebut, dengan beberapa cara mudah berikut.

Cara Mengatasi Karburator Motor Banjir atau Bocor

Nah, untuk cara memperbaiki karburator motor banjir sebenarnya kita hanya fokus pada needle valve. Kesimpulannya jika masih bisa diperbaiki yang kita gunakan, jika needle valve rusak ya kita ganti dengan yang baru.

Brosis dapat memperbaiki needle valve yang rusak dengan cara membakar cantolannya dengan cara dibakar sedikit kemudian kita bisa rapatkan lagi deh.

Jika masih kurang mantap berikut solusi yang lebih buat Brosis sekalian dalam menumpas penyebab karburator motor yang banjir, cekidot...

#1. Lepas karburator terutama pada bagian kepala silinder, yang diikuti mencopot kedua baut serta kabel gas dan choke.

#2. Oke, setelah berhasil dilepas dari bodi motor, selanjutnya kita bedah karburator motor dengan mencopot keempat baut yang ada di bagian bawah komponen karburator.

#3. Setelah itu Brosis bisa membuka ruang pelampung biasanya materialnya terbuat dari plastik, jika sudah ketemu lantas kita tarik sindiknya agar pelampung dapat kita keluarkan dari karburator bersamaan dengan needle valve.

#4. Berikutnya setelah Brosis berhasil mendapatkan pelampung tersebut, langsung saja Brosis bisa menekan sedikit logam besinya ke atas. Ingat secukupnya saja, pasalnya ini juga akan mempengaruhi posisi needle valve sendiri salah sedikit bocor lagi pastinya.

#5. Langkah berikutnya pasangkan kembali seperti semula, sebelum kita memasang karburatornya. Ada baiknya kita uji terlebih dahulu, dengan cara meniup lubang saluran bahan bakar bersamaan dengan gerakan pelampung baik ke atas atau pun ke bawah.

#6. Lantas bagaimana kita mengetahui semuanya telah bekerja dengan baik, berikut caranya yaitu dengan mengamati pelampung yang berada di bawah di ikuti needle valve dalam keadaan terbuka. Hal tersebut berlaku sebaliknya jika pelampung sejajar sama needle valve yang artinya katup akan menutup rapat sempurna.

#7. Terakhir pasang semua komponen karburatornya dengan catatan telah lolos uji terlebih dahulu, dengan itu semuanya sudah siap buat uji tes kendaraan Brosis.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Mesin Motor Mogok di Jalan dan Tips Cara Merawat Mesin Motor Baru dan Lama

Berakhirnya tahap demi tahap cara mengatasi karburator motor banjir juga mengakhiri kebersamaan kita kali ini Brosis, semoga dapat membantu menjawab serta memberi solusi dari penyebab banjir pada karburator motor Brosis sekalian...

Post a Comment for "Penyebab Plus Cara Mengatasi Karburator Motor Banjir (Bocor)"