Penyebab Sekring Mobil Sering Putus Lengkap

Sekring mobil atau Fuse adalah salah satu komponen kelistrikan yang berperan untuk menahan sekaligus memutus aliran listrik kendaraan. Hal ini sangat berguna terutama untuk menghindari korsleting atau terbakar pada komponen kelistrikan lainnya.

Nah, untuk aturan pemakaian sekring pada mobil juga harus diperhatikan, jangan sampai ukuran sekring mobil lebih kecil dari besarnya arus aliran listrik yang digunakan. Jika dipaksakan menggunakan sekring mobil yang ukurannya lebih kecil dapat dipastikan akan terjadi korsleting atau kabel akan terbakar karena tidak kuat.

Ada pun fungsi sekring mobil yaitu sebagai pemutus arus listrik jika terjadi kelebihan arus. Oleh karena itu gunakanlah sekring yang pas sesuai besaran arus yang dilewatinya.

Langsung saja berikut beberapa penyebab sekring mobil cepat putus yang bisa Brosis simak di bawah ini.

Penyebab Sekring Mobil Sering Putus

Sekring mobil atau Fuse adalah salah satu komponen kelistrikan yang berperan untuk menahan Penyebab Sekring Mobil Sering Putus Lengkap
Gambar Sekring Mobil

Isolator Rusak

Sebab sekring putus yang pertama bisa datang dari komponen yang satu ini. Terlebih jika didapati isolator telah rusak, lantaran jika sudah demikian sekring putus bakalan sering dialami karena hanya dengan goncangan pada mobil saja bisa bikin sekring mati.

Hal ini terjadi karena pada bagian komponen tersebut menyentuh bodi mobil atau ground.

Kabel Terkelupas

Sekring mobil putus bisa datang karena hal sepele seperti ini. Biasanya tanda-tanda sekring mobil putus karena masalah ini yaitu ketika Brosis menginjak pedal rem.

Baca Juga: Cara Mengetahui CDI Motor Mati

Hal ini dapat terjadi lantaran ada beberapa kabel yang terkelupas selebihnya kesalahan pemasangan jalur kabel juga bisa menjadi pemicu sekring mobil rusak. Silahkan Brosis cek di bagian tombol dan lampu mobil, biasanya ada di sekitaran itu.

Switch Lampu

Penyebab sekring mobil mati atau putus juga bisa datang dari sektor switch lampu mundur kendaraan.

Bisa Brosis ketahui ketika mencoba memindahkan presneling mobil ke posisi R (mundur), biasanya sekring akan putus. Jika sudah begini segera perbaiki kerusakan tepat pada swith lampu mundur.

Lampu Sein

Sekring mobil putus karena korsleting pada lampu sein memang jarang terjadi, akan tetapi jika Brosis mengalaminya coba periksa pada bagian kabel tuas lampu. Kebanyakan letak kerusakannya berada di daerah tersebut.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Motor

Tuas Bermasalah

Sekring putus pada mobil juga bisa disebabkan karena tuas dimmer switch lampu besar rusak.

Cara mengecek kerusakannya itu sangat mudah cukup mainkan switch lampu besar, jika mengalami masalah sekring mobil putus dapat dipastikan kerusakan terjadi pada komponen tersebut.

Tombol Rusak

Selain karena hal di atas, beberapa komponen tombol-tombol pada lampu besar juga bisa menjadi biang keladi penyebab sekring kendaraan putus.

Sama seperti di atas, jika saat menekan tombol lampu besar dinyalakan otomatis sekring mobil putus.

Sebagai tambahan saja terkadang kita tidak sadar ketika memodifikasi mobil, melakukan beberapa perubahan komponen termasuk pada sistem kelistrikan kendaraan tanpa disertai adanya penambahan komponen pada kelistrikan tersebut.

Baca Juga: Berapa Umur Aki Kering Motor?

Hal ini bisa saja menjadi penyebab sekring mobil putus lantaran penggunaan beberapa komponen yang kurang sesuai standar, seperti: pemakaian kabel yang tidak sesuai kapasitas arus listrik (kabel terlalu kecil atau besar), penyalahgunaan terminal listrik yang tidak sesuai dengan spesifikasinya, sampai pemasangan kabel yang langsing disambung pada kaki sekring tanpa memakai rumah sekring.

Selain itu wajib juga perhatikan saat membeli sekring baru, jangan sampai sekring yang kita beli kapasitasnya terlalu rendah atau tinggi.

Pasalnya jika sekring terlalu rendah dari arus yang dilewatinya sekring lebih cepat putus, sebaliknya jika kapasitas sekring terlalu tinggi dapat menyababkan kabel terbakar karena tidak kuat.

Memang banyak faktor yang menjadi penyebab sekring mobil putus atau rusak, kendati demikian melakukan perawatan secara berkala pada sistem kelistrikan tentu saja dapat memberikan manfaat yang dapat Brosis rasakan. Baca Juga: Fungsi Kiprok Motor dan Tanda Kiprok Motor Rusak

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu