Perbedaan Warna Aki Merah dan Biru Brosis Wajib Tahu

Air aki pastinya sudah sangat familiar di kalangan pecinta otomotif, air aki ini ternyata memiliki peranan penting dalam hal kelistrikan. Terlebih buat pengguna setia aki basah, cairan elektrolit H2S04 adalah cairan asam sulfat yang mengandung listrik atau dengan kata lain dapat penyimpan dan penghantar listrik.

Air aki sendiri terdiri dari dua jenis yaitu air aki botol merah dan air aki botol biru, semuanya memiliki peranan penting dalam hal menyuplai kelistrikan aki.

Berikut perbedaan antara aki warna merah dan aki warna biru.

Perbedaan Warna Aki Merah dan Biru

 Air aki pastinya sudah sangat familiar di kalangan pecinta otomotif Perbedaan Warna Aki Merah dan Biru Brosis Wajib Tahu
Perbedaan Warna Aki Merah dan Biru

Air Aki Warna Merah

Air aki botol merah biasanya mengandung asam sulfat H2S04, cairan elektrolit ini mampu menjadi penyimpan sekaligus penghantar listrik yang baik.

Selain itu biasanya air aki warna merah juga digunakan mengisi aki untuk pertama kali. Jadi saat wadah aki kosong air yang digunakan untuk pengisiannya memakai air aki warna merah ini.

Baca Juga: Perbedaan Aki Basah dan Aki Kering

Lebih dari itu air aki merah atau lebih dikenal dengan aki zuur juga bersifat asam pekat, hal ini bisa dirasakan ketika cairan aki ini terkena tangan dapat menimbulkan gatal-gatal.

Selain itu jika cairan asam sulfat ini terkena logam juga berakibat korosif atau karatan. Jadi harap hati-hati saat menuangkan air aki ini.

Air Aki Warna Biru

Air aki botol biru ini kebalikannya dengan air aki warna merah, jika aki zuur mengandung elektrolit maka sebaliknya untuk yang satu ini tidak mengandung elektrolit.

Air aki warna biru adalah air biasa yang sudah didemineralisasi artinya air aki ini sudah tidak mengandung mineral lagi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

Selain itu jenis air aki ini tidak ada kandungan unsur logam sedikitpun. Jadi sangat cocok buat air aki isi ulang atau hanya untuk penambah volume air aki kendaraan.

Sebagai tambahan saja mungkin juga masih ada yang bingung aman tidak sih memakai air aki warna merah untuk isi ulang aki?

Hal ini tentu saja dilarang Brosis, karena jenis air aki zuur hanya dikhususkan untuk pengisi pertama aki itu sendiri. Selanjutnya untuk isi ulang harus memakai air aki warna biru yang tidak mengandung cairan elektrolit sama sekali.

Baca Juga: Cara Merawat Aki Basah

Kalau dipaksakan memakai air aki warna merah biasanya akan berdampak pada sel-sel di dalam aki yang akan mengalami kerusakan. Hal ini tentu saja sangat disayangkan mengingat umur aki yang tidak tahan lama.

Bagaimana Brosis tentang apa saja perbedaan warna aki merah dan biru di atas. Lantaran hal ini sangat penting untuk diketahui pengguna kendaraan bermotor jadi jangan sampai salah beli Brosis. Niatnya mau isi ulang malah harus tambah biaya beli aki baru lagi karena kesalahan cara merawat aki.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu