-->

Pin CDI Semua Motor Suzuki

Pada dasarnya cara kerja Capacitor Discharge Ignition atau biasa yang kita kenal dengan sebutan CDI itu sama, untuk memberi arus ke koil sehingga percikan bunga api dari busi bisa pas sesuai timming saat ruang bakar pada mesin melakukan kompresi, hanya yang membedakan adalah jenisnya, dan jenis dari CDI itu sendiri adalah arus CDI AC (Alternating current) dan arus CDI DC (Dirrect current).

Seperti yang kita ketahui bahwa dari soket CDI itu memiliki warna kabel yang berbeda-beda pada setiap pabrikan merk sepeda motor baik itu motor Suzuki, honda, kawasaki dan yang lainnya karna itu sudah menjadi ciri khas dari setiap pabrikan motor tersebut, dan bahkan warna kabel body nya pun juga berbeda dalam penerapan pada komponen kelistrikan sepeda motor tersebut.

Kembali lagi kita bahas mengenai CDI, baik itu yang ber arus AC atau yang ber arus DC, untuk mengetahuinya kita bisa melihat dari Pin yang ada pada soket CDI tersebut dan kebanyakan yang memakai CDI AC itu sepeda motor jenis supra series, astrea grand, legenda, dan masih banyak lagi yang lainnya yang memiliki Pin soket CDI sama terhadap motor tersebut.

Baiklah dari pada penasaran kali ini saya akan memberikan pengertian arti dari pin Soket yang ada pada CDI motor suzuki.

Baca juga : Warna Kabel Semua Motor

1. Pin CDI Shogun 110


1. Massa
2. Pulser
3. Koil
4. Nol
5. 12volt
6. Nol

2. Pin CDI Shogun 125


1. Massa
2. Pulser
3. Koil
4. Nol
5. 12volt
6. Nol

3. Pin CDI Satria 150F


1. Koil (Putih-biru)
2. Massa (Hitam-putih)
3. Pulser (Biru-kuning)
4. Massa (Hijau-putih
5. Tachometer
6. 12volt (Orange)

4. Pin CDI Satria 120R


1. 12volt (Hijau-putih)
2. Nol
3. Pulser (Biru-kuning)
4. Massa (Hitam-putih)
5. Massa (Orange)
6. Koil (Biru-putih)

5. Pin CDI Smash


1. Koil
2. Massa
3. Pulser
4. Massa
5. Nol
6. 12volt

6. Pin CDI Spin 125


1. Koil
2. Massa
3. Nol
4. Pulser
5. Nol
6. 12volt

7. Pin CDI Thunder 250


1. Massa
2. Nol
3. 12volt
4. Koil
5. Nol
6. Nol
7. Massa
8. Pulser

Semoga dengan adanya artikel ini kita semua bisa mengerti tentang arti dari pin yang ada di soket CDI serta kita bisa belajar dalam kelistrikan pada pengapian sepeda motor.
LihatTutupKomentar