Pin Soket CDI Motor Honda

Bagi orang yang mengerti tentang komponen kelistrikan pada sepeda motor maka tidak asing jika mendengar yang namanya CDI, tapi apakah tau apa itu CDI dan kenapa harus ada CDI pada sepeda motor.

CDI adalah kepanjangan dari CAPACITOR DISCHARGE IGNITION yang mana fungsinya adalah untuk mengatur percikan bunga api dari spull pengapian atau dari Aki kemudian diteruskan pada koil dan busi motor.

CDI akan dilengkapi dengan koil yang fungsinya untuk memperbesar arus listrik yang tadinya hanya 12volt dan setelah keluar dari koil akan menjadi ribuan volt.

Kali ini saya akan membagikan tentang arti pin soket yang ada pada CDI sepeda motor HONDA.

1. HONDA STAR, PRIMA, GRAND, LEGENDA, SUPRA, SUPRA X, SUPRA FIT , REVO


1. Massa
2. Pulser
3. Kunci kontak
4. Spul input
5. Koil

2. KIRANA


1. 12 volt
2. Pulser
3. Massa
4. Koil

3. TIGER


1. Massa
2. Pulser
3. Massa
4. Koil
5. Spul input
6. Kunci kontak

4. MEGA PRO


1. Massa
2. Pulser
3. Nol
4. Koil
5. 12 volt
6. Nol

5. CBR 150


1. 12 volt
2. Pulser
3. Tachometer
4. Massa
5. Koil

6. HONDA BEAT


1. Stater
2. Pulser
3. Nol
4. Cooke
5. Foot Switch
6. Nol
7. 12 volt
8. Massa
9. Relay
10. Koil

7. REVO 110 / BLADE


1. Aki (+) 12 Volt
2. Koil
3. Pulser
4. Nol
5. Massa

8. VARIO


1. Nol
2. Hijau-orange = Choke
3. Kuning-merah = Relay
4. Hijau = Massa
5. Biru-hijau = Massa temperature
6. Nol
7. Biru-kuning = Pulser
8. Kuning-hijau = Stater
9. Merah-hitam = Aki (+)
10. Hijau muda-merah = Indikator temperature
11. Hijau-putih = Standar samping
12. Nol
13. Nol
14. Pink-putih = ECT Sensor
15. Nol
16. Nol
17. Nol
18. Hitam-kuning = Koil

9. KARISMA


1. Koil
2. Massa
3. 12 volt
4. Pulser

 Baca juga : Warna Kabel Semua Motor

Semua yang ada di atas adalah arti dari pin-pin pada soket CDI motor pabrikan HONDA semoga artikel diatas dapat menjadi panduan anda, dan untuk arti atau maksud dari NOL yang saya tuliskan pada pin cdi tersebut berarti kosong atau tidak ada jalur kabelnya  semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu