Rahasia Oprek Vespa Klasik Biar Speed Makin Kencang

 Para pecinta si skuter besi khususnya varian Vespa klasik pastinya sudah akrab dan pastin Rahasia Oprek Vespa Klasik Biar Speed Makin Kencang
Vespa Klasik

Para pecinta si skuter besi khususnya varian Vespa klasik pastinya sudah akrab dan pastinya juga telah merasakan sendiri kebengisan tarikan Vespa klasik yang bisa dikatakan liar Bro...

Vespa klasik yang sanggup lari sampai 100km/jam atau bahkan bisa lebih dari itu jika kondisi mesin Vespa sangat terawat. Hal ini tentu saja membuat kita tercengang lantaran bentuknya yang tidak meyakinkan. Selain itu rangka yang mayoritas terbuat dari material besi, tentu saja semakin menambah beban berkendara.

Nah, lantas apa sih yang membuat Vespa tua ini sanggup lari kenceng? Kendati mengingat usia dan modelnya yang kurang meyakinkan.

Oke, berikut beberapa jawaban dari rasa penasaran kita akan kehebatan Vespa klasik ini sebelum membahas ke topik selanjutnya.

Dua Alasan Vespa Klasik Bisa Lari Lebih Kencang


Hal pertama yang dapat kita korek dari si skuter besi tua ini yaitu soal dapur pacunya Bro, menggunakan mesin bertipe 2 tak bukan tak mungkin si Vespa tua ini dapat melaju berbarengan dengan motor bebek varian terbaru.

Mesin 2 tak yang sejatinya lebih boros dalam hal konsumsi bahan bakar memang dinilai lebih bertenaga ketimbang mesin motor tipe 4 tak.

Penjelasan mudahnya si gini Bro, proses kerja mesin yang lebih cepat selesai dalam satu kali kerja. Setidaknya selisihnya sampai 2 kali lipatnya, alhasil bahan bakar yang diproses masih kurang sempurna tetapi menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Misalnya saja jika kita bandingkan motor berkapasitas 200cc tipe mesin 4 tak, itu sama saja dengan mesin tipe 2 tak namun dengan kubikasi yang lebih kecil sampai setengahnya yaitu hanya 100cc saja.

Hal kedua datang dari spesifikasi Vespa itu sendiri, susunan komponen mesin Vespa yang berbeda dari mesin motor kebanyakan membuatnya unik sekaligus makin kencang Bro.

Seperti yang kita ketahui bahwa penghubung mesin dengan roda yang terdiri dari roda gigi satu sama lain, membuat Vespa klasik lebih responsif dalam hal menyalurkan tenaga mesin.

Lain ceritanya dengan sistem penyalur tenaga seperti rantai yang digunakan pada motor kebanyakan. Sistem penyalur rantai dinilai kurang efisien dalam hal menyalurkan tenaga, terlebih jika melewati medan yang menanjak motor cenderung bergetar.

Hal tersebut pastinya berbeda dengan si skuter besi ini yang malah lebih tenang dalam hal melewati tanjakan yang ekstrim, maka dari itu banyak orang yang jatuh hati terhadap jenis Vespa klasik ini.

Selain itu berbagai model modifikasi Vespa klasik juga nyatanya dapat menambah daya pacu si skuter tua ini Bro...

Rahasia Oprek Vespa Klasik Biar Lari Makin Kencang


Salah satunya yang dapat Brosis lakukan yaitu dengan paket bore-up untuk meningkatkan kapasitas dapur pacu Bro.

Paket bore-up yang sudah banyak tersedia di pasaran dengan berbagai merek dapat Brosis temukan, lebih daripada itu pemasangannya yang mudah tinggal copot dan pasang membuat banyak kalangan mencoba memodifikasi Vespa kesayangannya.

Paket bore-up mesin yang bisa Brosis dapatkan biasany terdiri dari : piston, blok, dan ring.

Alternatif kedua jika tidak ingin membelinya Brosis bisa gunakan cara ini untuk modifikasi Vespa klasik makin kencang.

Porting polish sering dimanfaatkan para pecinta kecepatan dengan metode menghaluskan dinding lubang pada bagian dalam (intake dan exhaust) di ruang kerja atau ruang bakar dengan bor tuner.

Cara kerjanya dengan menghaluskan dinding tersebut pastinya juga akan mempengaruhi efisiensi kinerja mesin yang semakin gede menghasilkan tenaga.

Baca Juga : Cara Merawat Vespa Jadul Agar Lebih Prima

Maka dari itu segera coba beberapa metode modifikasi Vespa klasik di atas untuk skuter besi lari makin kencang.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu