Resiko Telat Ganti Oli Mesin Mobil Itu Bahaya Bro!

Resiko Telat Ganti Oli Mesin Mobil Itu Bahaya Resiko Telat Ganti Oli Mesin Mobil Itu Bahaya Bro!
Cek Oli Mobil

Bahaya telat ganti oli mesin mobil kendaraan Brosis yang patut diwaspadai dan diantisipasi, karena akibat lupa ganti oli kendaraan banyak masalah serius yang akan membawa mobil kesayangan Brosis menginap di bengkel. Mulai dari yang ringan seperti: performa akselerasi mesin yang menurun alias loyo, sampai yang paling parah turunnya mesin karena kehabisan oli seperti: kerusakan piston dan sebagainya. Beberapa bahasan mendalam tentang dampak dari oli mesin mobil yang sudah kotor atau tidak layak pakai tersebut, akan dibahas secara mendetail melalui uraian bacaan di bawah ini.

Resiko Sering Telat Ganti Oli Mesin Mobil yang Patut Brosis Waspadai


Turunnya Kerja Mesin Mobil Secara Perlahan

Resiko telat mengganti oli mesin mobil yang pertama dan yang sering dialami Brosis sekalian adalah dapur pacu mesin mobil tak sehebat dulu. Bisa saja terjadi lantaran keseringan telat saat penggantian oli mesin, biasanya harus ganti dalam kilometer tertentu dan yang terjadi malah sebaliknya. Toleransi telat ganti oli mesin mobil yang acap kali disepelekan dapat menimbulkan masalah salah satunya ini. Jadi mulai sekarang Brosis harus lebih hati-hati dalam mengganti oli, cukup mudah caranya tinggal mengambil buku panduan berkendara dan biasanya ada keterangan dikilometer berapa oli mobil harus dilakukan penggantian.

Rusaknya Komponen-Komponen Mesin Mobil

Akibat lupa ganti oli mobil yang kedua ini masih ada keterkaitannya dengan yang pertama Brosis, turunnya performa mesin ini diakibatkan dari kerusakan komponen yang terjadi secara bertahap. Hal tersebut lantaran kondisi oli yang sudah semakin menghitam dan kotor karena serpihan germuk mesin, membuat mesin bekerja semakin berat. Gesekan yang terjadi tidak selicin saat oli masih dalam keadaan layak pakai, serpihan germuk yang terus tersimpan bersama oli akan terus menggerus komponen-komponen dalam mesin yang bersifat vital seperti: dinding silinder, piston, dll.

Mesin Mobil Overheating (Cepat Panas)

Kotornya oli mesin mobil disinyalir sebagai penyebab utama dari masalah ini jika mesin semuanya dalam keadaan normal, selain berguna dalam pelumasan mesin fungsi oli mesin mobil yang lainnya adalah sebagai cairan pendingin mesin kendaraan Brosis. Jadi terjaganya suhu kinerja mesin mobil adalah hal yang harus diperhatikan, karena hal ini mengakibatkan oli mesin mobil kurang secara perlahan.

Baca Juga: Beberapa Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

Bahan Bakar Mesin Mobil Lebih Boros Bro!

Bahaya telat ganti oli mobil berikutnya datang dari konsumsi bensin yang semakin tidak ramah di kantong Bro, hal ini lantaran kinerja mesin yang bekerja semakin berat membuat mesin lebih membutuhkan banyak asupan bahan bakar. Nah, jika Brosis termasuk tipikal raider yang suka nunda-nunda buat ganti oli. Mendingan mulai berbenah Bro, bukannya irit malah boncos di kantong.

Dari uraian beberapa resiko telat penggantian oli mesin mobil di atas, dapat disimpulkan bahwa kita sebagai pengendara harus lebih perhatian lagi dalam sektor perawatan kendaraan. Termasuk membuat catatan di buku kecil tentang penggantian oli mobil, misal mencatat awal pergantian dikilometer berapa dan menjumlahkan dengan kilometer yang dianjurkan setelah itu akan ketemu hasil akhir kapan penggantian oli mobil itu dilakukan. 
Mudahnya begini Brosis (jarak kilometer awal + rentang jarak kilometer yang dianjurkan = hasil akhir penentuan jarak kilometer penggantian oli mobil).

Penggantian oli sebaiknya dilakukan jika sudah mencapai ambang batas penggantian, direkomendasikan jika mobil sudah menghabiskan 10.000 Km di medan normal dan akan lebih sering diganti di medan berat seperti medan tanjakan dan medan berlumpur, yaitu sekitar 5000 Km.

Nah, lantas apa yang harus dilakukan jika kita lupa mengganti oli mesin mobil?

Nah, walaupun demikian pihak dari masing-masing perusahaan mobil sudah memberikan toleransi (masa tenggang) penggantian oli mobil. Hal ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu pengendara lupa melakukan penggantian oli mesin.

Berapa toleransi telat ganti oli mobil (penambahan jarak kilometer yang diberikan)?

Ternyata cukup jauh Brosis sekitar 500-1000 Km dari batas ketentuan akhir penggantian oli mesin seharusnya. Dalam keadaan ini kondisi oli masih layak dipakai walaupun sebaiknya dilakukan penggantian.

Baca Juga: Beberapa Penyebab Mesin Mobil Mendadak Mati dan Hidup Sendiri

Bagaimana Brosis sudahkah melakukan pengecekan oli mesin mobil hari ini? Semoga membantu manjawab keluhan tentang resiko atau bahaya akibat sering telat ganti oli mesin mobil Brosis sekalian.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu