Segmen MPV dan SUV Masih Menjadi Tulang Punggung Toyota

 Toyota kembali naik ke permukaan dengan wajah baru nan sumringah lantaran beberapa SUV da Segmen MPV dan SUV Masih Menjadi Tulang Punggung Toyota
Toyota Calya

Toyota kembali naik ke permukaan dengan wajah baru nan sumringah lantaran beberapa SUV dan MPV buatannya laris manis diserbu konsumen tanah air.

Toyota yang sanggup menguasai pasar mencapai 28% khusus segmen SUV atau dengan kata lain varian MPV Toyota berhasil dilepas di pasaran otomotif sebanyak 38.311 unit mobil.

Sebuah prestasi yang membanggakan tentunya dengan hal tersebut tercatat penjualannya mengalami pertumbuhan sekitar 33,9% Brosis. Pencapaian tersebut tentu saja sangat mengejutkan, dikarenakan penjualan segm..en SUV tersebut pada Januari hingga September tahun lalu yang tidak sehebat itu.

Beberapa produk SUV yang terekam memiliki catatan yang menggembirakan datang dari mobil Fortuner yang sudah habis terjual sebanyak 19.740 unit mobil, dengan kata lain jika kita prosentasekan pertumbuhannya mencapai 112,9%.

Sebuah angka yang fantastis mengingat tahun sebelumnya yang hanya sanggup bertengger di angka 9.272% saja pada Januari sampai September tahun ini. Kendati demikian cerita berbeda yang dialami Toyota Rush yang justru lebih stabil diangka 18.571 unit mobil.

Di sisi lain MPV Toyota juga ikut ambil peran dalam melambungkan perusahaan Jepang ini, gebrakan-gebrakan produk anyaran membanjiri segmen MPV ini.

Sebut saja Toyota Avanza Veloz yang berhasil dilepas di pasaran sebanyak 101.458 unit mobil dengan prosentase pertumbuhan mencapai 10,5% yang artinya terjadi peningkatan statistik penjualan dibanding kuartal ketiga tahun lalu.

Cerita menarik lainnya datang dari Toyota Sienta yang mendapat respon apik di mata konsumen, ini dibuktikannya lewat catatan penjualan Toyota Sienta yang mencapai 5.379 unit mobil hanya dalam kurun waktu 3 bulan saja sejak rilis pertama kali.

Kepuasan juga datang dari produk lain andalan Toyota yaitu Kijang Inova yang berhasil melepas variannya sebanyak 44.596 unit dengan kata lain penjualannya mengalami peningkatan sebanyak 22,1% dibanding tahun sebelumnya. Pencapaian yang luar biasa ini membuat Toyota Inova nangkring menguasai market share sebanyak 95,5% mantap.

Kisah sukses lainnya juga datang dari luxury dengan produk andalan Toyota Alphard dan Vellfire yang berhasil mecetak angka penjualan 2.428 unit mobil. Jika dipersentasekan penjualannya mencapai peningkatan 25,6% dari tahun kemarin.

Apakah hanya itu saja? Tunggu dulu Toyota Calya juga ikut serta dengan data penjualan mencapai 17.631 unit mobil di Agustus hingga September tahun ini. Hal tersebut tentu saja menjadikan produk anyaran Toyota ini sebagai market leader khususnya di segmen MPV dengan total market share mencapai 41,5%.

Catatan-catatan menggermbirakan ini menunjukan bahwa pertumbuhan produk-produk Toyota khususnya dari segmen MPV dan SUV memang tidak diragukan lagi.

Bisa kita amati bahwa pertumbuhan seignifikan terjadi di 9 bulan pertama tahun ini yang mampu menjual sebanyak 171.780 unit mobil dengan kenaikan sebanyak 31,5% dari tahun lalu.

Selain itu market share paling kuat terjadi di segmen MPV yang tembus hingga 54,8% pada tahun 2016 ini.

Profit pasar yang semakin gurih pastinya juga memberi dampak positif terhadap TAM yang memiliki line-up paling komplit khusus segmen MPV. Semuanya karena dua produk anyaran yatu Toyota Sienta dan Calya yang kehadirannya sangat didambakan konsumen.

Kondisi pasar MPV yang dinamis menjadikan kedua varian andalan Toyota ini mudah sekali diterima oleh kalangan konsumen masyarakat Indonesia saat ini, terlebih masyarakat kini cenderung suka gonta-ganti mobil artinya tidak suka hal yang monoton atau itu-itu saja. Selalu memunculkan inovasi terbaru menjadikan hal wajib dalam persaingan dalam menggaet konsumen sebanyak mungkin.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu