Tenaga Motor Berkurang atau Ngempos

Jika anda pengen mencari tau atau sekedar iseng pengen cek masalah motor yang anda gunakan kenapa tidak ada tenaganya sama sekali padahal dulu ada, kali ini akan saya jelaskan permasalahannya.

Cek filter udara, karena filter udara yang sudah terlalu kotor akan menghambat masuknya udara ke karburator dan ke ruang bakar, alhasil motor akan kehilangan tenaga.


Cek kompresi motor, caranya dengan disela apakah terasa berat atau malah ringan, jika ternyata kompresinya sudah lemah mungkin ini yang menyebabkan motor anda terasa ngempos alias tenaga motor berkurang, untuk mengatasi hal ini anda cek dulu pada bagian klep, klep berfungsi mengatur membuka dan menutup sehingga jika ada salah satu klep yang bocor ini akan menyebabkan kompresi berkurang, jika kompresi berkurang maka otomatis tenaga juga ikut berkurang.

Cek kondisi celah klep, penyetelan klep yang tidak pas juga akan berpengaruh terhadap kinerja mesin, terlau rapat juga tidak baik karna bisa saja malah akan menyebabkan kebocoran kompresi dan terlalu renggang juga tidak baik karna akan menyebabkan bunyi , suplay bahan bakar kurang sempurna, bahkan pada saat pembuangan gas hasil pembakaran juga tidak keluar dgn sempurna.


Jika dirasa penyetelan klep sudah pas tapi kompresi masih kurang padat anda harus melakukan skir klep tersebut, apabila klep sudah rapat setelah di skir dan penyetelanya pun pas maka kompresi motor akan padat dan motor pastinya akan bertenaga lagi.

Saya punya pengalaman disuruh memperbaiki kenapa motor ini tidak ada tenaganya dan bahkan saat saya tes hanya getaran dari mesin yang kencang tapi tenaga ngempos, alhasil saya coba buat stel klep tersebut setelah di stel ternyata tidak ada perubahan dan masih sama saja, akhirnya saya copot businya kemudian saya colok lubang busi untuk mengecek kondisi piston diatas atau saat top dan saya bandingkan dengan top yang ada pada magnet motor, ternyata beda dan pasti ini penyebabnya pada saat piston mentok pada bagian atas silinder ternyata pada bagian magnet tidak terletak pada huruf 'T' melainkan pada huruf 'F' , dan jika saya putar lagi magnetnya ke huruf 'T' piston tersebut malah turun kebawah.

Akhirnya saya buka magnetnya dan ternyata magnet tersebut bergeser dari spie penahannya karna spie tersebut terlalu tipis jadi mengakibatkan magnet geser, saya ganti sama spie yang agak tinggi supaya magnet tidak bergeser lagi , setelah itu saya pasang lagi dan saya top kan kembali antara titik 'T' pada magnet dan titik gear rantai sentrik/keteng
Setelah semua terpasang saya tes dan hasilnya pun memuaskan motor jadi bertenaga lagi.

Dari pengalaman saya tersebut dapat disimpulkan bahwa klep yang bocor dapat mengakibatkan kompresi motor jadi lemah dan tenaga berkurang,

Dan magnet yang bergeser mengakibatkan top antara magnet dan piston tidak sama jadi akan berakibat lebih awal terjadi pembakaran diruang bakar.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu