Tips Aman Beli Kendaraan Secara Online


- Secara online, yap.. Begitulah perkembangan zaman yang makin hari makin canggih dan terus dilakukan inovasi. Semua hal cukup dilakukan dari smartphone atau komputer.

Begitupun membeli kendaraan, tidak harus datang ke tempat untuk melihat kendaraan yang akan dibeli. Cukup send picture setiap sisi kendaraan, mesin, dalaman, dan lainnya.

Namun, pasti anda pernah melihat postingan orang yang menjadi korban penipuan. Seperti misalnya kendaraan tidak sesuai dengan yang di foto, uang dibawa lari oleh oknum penjual barang dan sebagainya.

Nah, untuk mencegah tindak kejahatan tersebut, berikut tips aman membeli kendaraan jalur online.

Pastikan penjual kendaraan online terpercaya dan direkomendasikan banyak orang. Hal ini dapat dilakukan dengan melihat testimoni konsumen, mencari referensi tentang penjual, alamat lengkap dan jelas dan penjual dapat dipercaya.

Tolak jika penjual terlebih dahulu meminta down payment atau DP untuk mencegah tindak kriminal uang DP anda disalahgunakan oleh penjual. Bukannya kita suudzon dengan orang, tapi untuk mencegah. Apalagi jika penjual masih abu-abu atau meragukan, tentu tingkat kewaspadaan harus lebih.

Jangan langsung tertarik dengan harga kendaraan yang sangat murah. Cek terlebih dahulu harga pasaran kendaraan yang akan dibeli, jika terlalu murah bisa-bisa ada yang aneh dengan kendaraan tersebut.

Jangan pernah membeli kendaraan tanpa dokumen resmi atau bodong, selain dapat terjadi tindak penipuan, jika barang menjadi milik anda, anda dapat terkena hukuman pidana. Baca : Apakah membeli kendaraan bodong aman.?

Sebaiknya, cari penjual kendaraan yang satu wilayah dengan anda agar dapat bertemu supaya bisa memastikan kondisi kendaraan yang akan dijual sesuai dengan apa yang dipesan.

Bila perlu, bawa keluarga, teman, montir atau siapa saja yang mengerti tentang seluk beluk kendaraan (yang bisa memastikan kendaraan benar-benar bagus) saat melakukan cek fisik kendaraan yang akan dibeli.

Oke, sekian tips singkat mengenai membeli kendaraan secara online, selalu berhati-hati dan tingkatkan kewaspadaan.

Stay cool dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu