Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan Menggunakan Motor

Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan Menggunakan Motor Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan Menggunakan Motor
Example Bro!

Tips Otomotif kali ini akan membahas tips cara berkendara saat musim hujan menggunakan sepeda motor secara benar. Penting untuk kita bahas lantaran kita hidup di kawasan yang beriklim tropis di mana kita bakalan kedatangan musim penghujan, yang kalau kita rasakan akhir-akhir ini semakin deras dan tak kenal wayah.

Selain itu kasus motor tergelincir lantaran jalanan basah abis diguyur hujan juga patut kita waspadai agar lebih hati-hati dalam mengendarai sepeda motor khususnya saat musin hujan tiba.

Nah, berikut beberapa tips aman cara mengendarai motor saat musim hujan yang terbagi dalam beberapa tips mudah berikut...

Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan Menggunakan Motor


Jas Hujan

Tips pertama datang dari jas hujan Brosis, dianggap sepele tapi sangat bermanfaat jika diterapkan. Saat mengendarai sepeda motor dikala hujan sebaiknya gunakan jas hujan model pakaian, ini dikarenakan jas hujan model ini lebih fleksibel.

Jika mantol atau jas hujan model biasa (bukan pakaian) cenderung lebih ribet digunakan terlebih banyak juga kasus kecelakaan tunggal dikarenakan jas hujan yang nyangkut ke roda belakang sepeda motor.

Jangan juga pakai payung motor, hal ini sebelumnya juga pernah kita singgung bahwasanya memang tidak dianjurkan untuk digunakan.

Tahu Waktunya

Tips kedua berkendara disaat hujan datang yaitu kita tahu kapan saatnya untuk melaju di tengah derasnya guyuran air hujan. Ada beberapa waktu yang disarankan ketika hendak berangkat yaitu tepat 15 menit setelah hujan tiba.

Silahkan ambil momentum tersebut untuk lebih waspada terhadap licinnya aspal jalanan, karena memang aspal yang baru saja terguyur hujan cenderung lebih licin lantaran air yang menguap ditambah air bercampur debu yang menghasilak lumpur yang licin.

Bijak Mengatur Gas

Nah, jika tidak sempat menunggu seperti kasus di atas karena terlanjur basah di jalan. Bisa gunakan tips berikut, tetaplah melaju walaupun hujan deras sekalipun asalkan tahu metodenya.

Hal yang disarankan ketika mengendarai kendaraan disaat hujan yaitu bijak membetot handle gas Brosis, usahakan jangan terlalu pelan atau pun sebaliknya. Atur kecepatan sesuai kemampuan berkendara Brosis, dalam artian posisi paling stabil berkendara.

Kubangan Air

Cara berkendara disaat hujan berikutnya datang dari kondisi jalan yang kurang bersahabat. Jalanan dengan kerusakan parah hingga sering tersamar dalam genangan air, membuat banyak terjadi kasus kecelakaan sepeda motor jatuh lantaran motor oleng.

Satu lagi jika hendak menghindari jalan berlubang sebaiknya tengok di depan dan belakang kita supaya lebih aman.

Jaga Jarak

Tips berkendara saat musim hujan berikutnya yaitu tentang jarak aman kita dengan pengendara lainnya, usahakan lebih jauh lagi ketimbang pas kondisi sedang tidak hujan (kering).

Jarak aman ini terutama kita butuhkan saat melakukan pengereman sepeda motor, karena akan membutuhkan ruang yang lebih panjang lantaran cengkraman ban dengan aspal yang kurang.

Baca Juga : Teknik Pengereman Sepeda Motor yang Benar dan Aman

Selain itu ada baiknya juga menghindari cipratan kotoran pengendara lain terutama yang ada di depan kita dengan tidak berada tepat di belakangnya. Biasanya model motor sekarang spakbor kepras hanya menimbulkan sensasi cipratan kotoran yang luar biasa.

Pelindung Wajah

Solusi berikutnya untuk berkendara di musim hujan yang aman yaitu gunakanlah helm yang ada kacanya, penting untuk melindungi wajah dan mata dari hantaman air hujan.

Hal ini sangat bermanfaat sekali lantaran jika tak diterapkan saangat sakit Brosis, bikin merem melek dan itu mengganggu konsentrasi berkendara bahaya.

Berteduh

Tips terakhir cara berkendara aman disaat hujan yaitu memilih tempat berteduh, usahakan jika henda berteduh jangan di bawah pohon atau pun tiang listrik.

Ketimbang nekat menembus banjir yang hanya bikin motor mogok mending ambil posisi senyaman mungkin misalnya saja mampir ke rumah makan sambil nunggu hujan reda kita bisa minum kopi untuk menghangatkan badan hehe.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Karat Motor dengan Cepat!

Oke, Brosis sekalian sekian dulu tips cara mengendarai sepeda motor saat musim hujan yang aman dan semoga Brosis dapat pulang dengan selamat sampai tujuan.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu