Tips Cara Merawat Vespa Jadul atau Lawas [Rekomend]

Cara merawat vespa jadul atau vespa lawas Tips Cara Merawat Vespa Jadul atau Lawas [Rekomend]
Vespa Tua

Vespa jadul atau vespa lawas sering kita mendengarnya dengan suara khas knalpot yang unik dan bikin penasaran, setiap kali melintas selalu jadi pusat perhatian mata. Mungkin kesan tersebut yang sering kita rasakan tak kala naik skuter besi tua ini.

Bukan hal manis saja yang sering kita rasakan tak kala naik vespa jadul Bro, vespa yang sering kali mengalami trouble terutama untuk bagian mesinnya sendiri. Membuat skuter besi ini nyaris tiap hari kudu bolak-balik bengkel langganan. Hal tersebut bisa saja terjadi jika si pemilik vespa sendiri kurang kopen Bro...

Oleh karenanya penting bagi kita terutama bagi Brosis sekalian yang gemar dan tergabung dalam anggota komunitas vespa klasik, untuk mengenal seluk beluk bagaimana cara merawat vespa tua secara benar agar si skuter besinya tetap dapat melaju meramaikan aspal jalanan.

Cara Merawat Vespa Tua atau Lawas dengan Benar dan Mudah


Uraian berikut berisi beberapa tahapan rutin yang dapat Brosis lakukan tak kala melakukan pemeriksaan mesin vespa guna untuk performa mesin lebih prima dan terjaga.

Bahan Bakar Vespa

Tips pertama kita awali dengan yang mudah dulu Bro, yaitu dari asupan sumber tenaga bagi vespa itu sendiri.

Pemilihan bahan bakar yang dilihat berdasarkan kriteria mesin itu sangat penting Bro, hal ini tidak lain dan tidak bukan untuk adaptasi mesin vespa yang baik.

Perbandingan kompresi mesin salah satu yang menjadi acuan tolak ukur kualitas bahan bakar yang akan kita gunakan Bro, semakin tinggi perbandingan kompresinya maka semakin tinggi pula kadar oktan bahan bakar yang harus diberikan.

Misalnya saja untuk mesin vespa, seperti : Sprint dengan catatan perbandingan kompresi 7,5-7,7 maka pemberian kadar oktan bahan bakar yang dianjurkan adalah 88 Brosis.

Lain halnya dengan mesin vespa anyaran, seperti : Exlusive dan Excel yang kadar oktan bahan bakarnya sedikit lebih tinggi yaitu di atas 90, dengan catatan perbandingan kompresi mesinnya mencapai 9,2.

Nah, berikut beberapa tabel data nilai oktan bahan bakar yang direkomendasikan dihitung dari perbandingan nilai kompresi mesin motor.

Tabel Nilai Oktan/RON Bahan Bakar
Jenis Bahan Bakar
Nilai Oktan
Perbandingan Kompresi
Pertamax Plus
95
11-12 : 1
Pertamax
92
10-11 : 1
Pertalite
90
9-10 : 1
Premium
88
7-9 : 1

Jadi kesimpulannya kita harus mengetahui perbandingan nilai kompresi suatu mesin yang disesuaikan kualitas bahan bakar untuk tingkat penyesuaian kinerja mesin yang lebih baik.

Satu lagi soal bahan bakar yaitu sebisa mungkin untuk selalu cek rutin kran bahan bakar Brosis, hal ini perlu dilakukan guna mencegah tercampurnya bahan bakar dan oli sebelum waktunya. Jika sampai keduanya tercampur bisa fatal akibatnya, salah satunya vespa mogok di jalan lantaran waktu pencampuran yang tidak tepat.

Oli Samping Vespa

Cara merawat vespa jadul berikutny yaitu datang dari pemberian oli samping vespa, peranan oli samping ini sangat penting Bro dan usahakan pilih oli samping vespa yang berkualitas untuk menjaga performa mesin yang tetap prima meskipun itu mesin vespa tua.

Busi Vespa

Mesin 2 tak yang identik dengan proses pembakaran bahan bakar yang kurang sempurna, selalu menyisakan residu yang kurang baik pada setiap komponen yang terdapat di ruang bakar.

Salah satunya busi, pembakaran yang tidak sempurna menyisakan residu karbon yang cukup banyak dan hal itu sering menimbulkan kerak pada busi.

Bahkan untuk setiap 6 bulan sekali pemilik vespa tua diwajibkan melakukan bersih-bersih busi dnegan cara diamplas atau sekedar membuang angus pekat sisa pembakaran.

Karburator Vespa

Cara merawat vespa selanjutnya datang dari karburator vespa Bro, untuk hal yang satu ini juga tidak boleh sampai kotor.

Rutin melakukan pembersihan saja tidak cukup, oleh karenanya juga disarankan untuk selalu menggunakan bahan bakar yang bersih. Hal ini lantaran kasus karburator kotor datang dari residu bahan bakar itu sendiri plus udara.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Karburator Sepeda Motor Banjir

Yah, kita tahu sendirikan bahwa komponen karburator motor ini berfungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara dengan cara dikabutkan.

Aki Vespa

Tips merawat vespa tua berikutnya datang dari sumber daya listrik mesin itu sendiri, guna menghidupkan mesin vespa. Aki juga harus dalam keadaan selalu prima, oleh karenanya pembersihan, isi ulang, sampai charger, wajib Brosis lakukan.

Nah, untuk pembersihannya sendiri bisa Brosis lakukan dengan mudah. Cukup sediakan air panas dan juga sikat, Brosis sekalian dapat membersihkan kutub-kutub aki yang telah mengerak.

Selain itu perawatan seperti : isi ulang jika sudah di bawah gas low juga perlu dilakukan, bahkan jika perlu lakukan charger baterai terutama saat aki dirasa udah mulai ngedrop.

Baca Juga : Cara Merawat Aki Motor Agar Awet Tahan Lama

Nah, beberapa tips mudah tentang tata cara merawat mesin vespa tua tersebut semoga dapat menjadi solusi terbaik untuk si skuter besi kesayangan bisa tetap eksis di jalanan Bro.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu