Tips Mengemudi Mobil Jarak Jauh Agar Tidak Kantuk

Tips Mengemudi Mobil Jarak Jauh Agar Tidak Ngantuk Tips Mengemudi Mobil Jarak Jauh Agar Tidak Kantuk

Tips mengemudikan mobil jarak jauh memang dibutuhkan persiapan baik secara fisik bagi driver itu sendiri sampai mempersiapkan mobil tunggangan agar mau diajak touring, selain itu membawa barang bawaan secukupnya dan tidak berlebihan adalah hal terbaik untuk keamanan dan kenyamanan berkendara mobil jarak jauh.

Beberapa cara mengendarai mobil jarak jauh berikut ini mungkin bisa membantu Brosis sekalian terutama saat mau mudik ke kampung halaman, selengkapnya silahkan simak ulasan di bawah ini.

Tips Mengemudi Mobil Jarak Jauh Agar Tidak Ngantuk


Persiapan Kendaraan

Tips menyetir mobil jarak jauh yang pertama yaitu mempersiapkan mobil kesayangan, hal ini meliputi service ringan.

Oli Mobil
Pada bagian ini Brosis bisa mengecek cairan pelumas mesin mobil, tentunya dengan beberapa aturan yang bisa brosis terapkan. Pengecekan oli mobil sendiri meliputi: jarak tempuh mobil, kekentalan oli, warna oli, dll. Beberapa perusahaan menyarankan penggantian oli jika sudah menempuh jarak 5000 - 10.000 Km. Bukan hanya berpatokan dengan jarak tempuh saja, cek oli juga sebaiknya langsung dengan membuka tutup oli. Bisa Brosis lihat apakah oli masih dalam keadaan baik atau tidak, selain itu ketinggian oli juga bisa diamati seara jelas. Apakah masih dalam tahap wajar atau sudah berkurang. Saat penggantian oli sebaiknya juga perhatikan SAE yang diterapkan dari mesin mobil tersebut, jangan sampai melebihi standar yang sudah ditetapkan karena hanya bikin tarikan mobil semakin berat.

Baca Juga: Akibat Sering Telat Ganti Oli Mobil Itu Bahaya!

Filter Udara
Tips mengemudi jarak jauh berikutnya datang dari komponen filter udara, dimana peranannya sangat vital terhadap akselerasi mobil yang dihasilkan. Filter udara yang sudah kotor tentu saja bikin mesin bekerja tidak maksimal. Bersihkan filter udara menggunakan udara bertekanan tinggi untuk menghilangkan debu-debu yang melekat. Ganti filter udara setiap menempuh jarak 10.000 Km.

Rem Mobil
Salah satu komponen safety ridding yang harus Brosis perhatikan adalah rem mobil, mengendarai mobil jarak jauh pastinya juga akan melewati berbagai jenis medan jalan baik menanjak atau pun menurun. Periksa komponen rem pada bagian berikut:
  • Minyak rem: periksa volume minyak rem di bagian Reservoir, amati apakah masih dalam tahap normal atau sudah berkurang.
  • Selang Minyak Rem: Periksa apakah masih normal apa tidak, jangan sampai terjadi kebocoran (Rem blong).
  • Kampas rem: periksa kampas rem khususnya pada bagian sepatu rem, apakah masih tebal atau sudah tipis. Jika masih normal cukup bersihkan dengan udara bertekanan tinggi.

Air Radiator
Hal yang tidak boleh dilupakan saat mengendarai mobil jarak jauh adalah mengecek cairan pendingin mobil Brosis sekalian, cek apakah masih dalam keadaan normal atau sudah berkurang. Brosis bisa langsung mengeceknya di bagian tutup radiator, selang, dan reservoir. Hal ini sangat penting untuk di cek lantaran banyak kasus mobil terbakar karena lupa mengecek air radiator. Intinya jangan sampai kering Brosis, bahaya!

Baca Juga: Penyebab Temperatur Mobil Cepat Naik (Overheat)

Aki Mobil
Perjalanan jarak jauh yang ditempuh menggunakan mobil bisa berjalan dengan lancar jika kondisi starter mobil normal, sistem ini pastinya ditunjang oleh sistem kelistrikan yang oke. Aki mobil disini peranannya sangat penting Bro, maka dari itu cek kondisi aki itu wajib. Beberapa yang harus dicek meliputi:
  • Kondisi terminal plus dan min, bersihkan kalau kotor dengan cara diamplas.
  • Cek ketinggian air aki, jika kurang tambahkan sampai batas yang dianjurkan.
  • Cek kelistrikan aki, jika kurang powerfull bisa dicharge.
Baca Juga: Cara Mudah Merawat Aki Mobil Tipe Basah yang Layak Brosis Coba

Ban Mobil
Tips berkendara jarak jauh dengan mobil selanjutnya yaitu pengecekan di bagian kaki-kaki mobil, periksa apakah ban dalam keadaan normal atau tidak. Kondisi ban yang tipis jika dipaksa touring rawan bocor Bro. Selain itu cek tekanan angin ban, sebaiknya gunakan angin ban nitrogen saat pengisiannya untuk ban lebih adem dan tidak mudah panas.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Ban Mobil Berkualitas Baik

Persiapan Driver

Asupan Makanan Berprotein
Sebelum hari H berlangsung, menjaga kondisi tubuh agar tetap fit harus mulai dipersiapkan. Salah satunya bisa mengkonsumsi makanan dengan kadar protein yang tinggi. Makanan berprotein tinggi dapat Brosis dapatkan dengan mengkonsumsi kacang-kacangan dan daging. Selaian itu makanan dengan karbohidrat juga baik dikonsumsi, hal ini untuk menunjang stamina yang prima selama berkendara.

Istirahat yang Cukup
Selanjutnya untuk tips kuat nyetir mobil jarak jauh supaya tidak kantuk yaitu datang dari kondisi diri kita sendiri, beristirahat secukupnya sebelum menempuh perjalanan jarak jauh sangat disarankan. Tidur cukup dan olahraga ringan sangat membantu rileksasi diri dan kebugaran akan meningkat dengan sendirinya.

Jangan Konsumsi Obat-obatan
Mengendarai mobil dengan pengaruh obat-obatan sangat tidak dianjurkan, beberapa obat di pasaran seperti: obat sakit kepala, flu, dll biasanya dapat menimbulkan kantuk yang luar biasa. Oleh karena itu sebaiknya dihindari pemakaian obat-obatan tersebut. Caranya jika Brosis merasa tidak enak badan segera menepi untuk beristirahat, atau bisa bergantian membawa mobil.

Jangan Konsumsi Alkohol
Saat berkendara menggunakan mobil dengan menempuh jarak yang cukup jauh pastinya konsentrasi mengemudi harus tetap terjaga, maka dari itu jangan sekali-kali membawa mobil dalam keadaan mabuk karena resiko tingkat kecelakaannya yang tinggi.

Jaga Mood Selama Berkendara
Membawa mobil jarak jauh pastinya sangat melelahkan dan pastinya bikin bosan, untuk itu menjaga kondisi psikis agar tetap baik itu adalah hal wajib Bro. Ada beberapa cara seperti: mendengarkan musik (jangan terlalu keras), posisikan tubuh serileks mungkin, melihat pemandangan, atau bisa juga mengunyah permen.

Berkendara Sesuai Aturan
Tips mengemudi mobil untuk perjalanan jauh berikutnya adalah menaati aturan berkendara, seperti: memacu kendaraan terlalu cepat, bermanuver, sampai menyalip dengan cara yang salah. Membawa mobil dengan lebih berhati-hati adalah cara yang bijak untuk tertib berlalu lintas.

Istirahat Sejenak Itu Perlu Brosis
Setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh mengistirahatkan tubuh sejenak adalah hal yang dianjurkan, mencari rest area atau pun rumah makan bisa menjadi pilihan. Lelah karena berkendara bisa membuat konsentrasi Brosi menurun. Oleh karena itu segera pulihkan dengan cara beristirahat sejenak.

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Mobil Mogok Dijalan, Wajib Dicoba!

Sekedar tambahan untuk tips mengemudi jarak jauh yaitu jangan keseringan meletakan kaki di atas pedal kopling (kopling gantung), hal ini ternyata berdampak buruk bagi kesehatan mobil Brosis sekalian. Biasanya bikin kampas kopling cepat aus. Selain itu jangan juga keseringan meletakan tangan di atas presneling akan tetapi letakan kedua tangan di atas kemudi.

Baca Juga: Tips Mengemudi Mobil Saat Hujan Deras Agar Tidak Slip Ban

Beberapa tips mengemudi jarak jauh di atas bisa Brosis terapkan untuk menghilangkan kantuk dan bosan karena lelah diperjalanan, terutama bagi yang sering dilanda kemacetan yang panjang.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu