Tips Terbaik Cara Mengemudi Mobil Saat Hujan Deras Agar Aman dan Nyaman

Tips Mengemudikan Mobil Saat Turun Hujan Deras Tips Terbaik Cara Mengemudi Mobil Saat Hujan Deras Agar Aman dan Nyaman

Tips mengemudikan mobil saat hujan datang tidaklah serumit yang dibayangkan namun setidaknya memerlukan persiapan, mulai dari perlengkapan penunjang yang mulai diperbaiki sampai insting kita dalam mengendarai mobil yang harus ditingkatkan terutama dalam segi kehati-hatian. Mengendarai mobil saat hujan deras tentu saja akan sedikit merepotkan, seperti: jalanan yang tergenang air sehingga kondisi jalan tidak terlihat jelas terutama jalanan yang berlubang-lubang yang bisa membuat celaka pengendara.

Nah, langsung saja untuk tips aman berkendara saat hujan yang bisa Brosis amati di bawah ini.

Tips dan Cara Mengendarai Mobil Saat Hujan Deras yang Baik dan Benar


Cek Kesehatan Kontrol Sistem Utama Mobil

Tips berkendara saat hujan deras yang pertama datang dari kondisi kontrol utama beberapa komponen mobil, silahkan Brosis periksa di bagian-bagian vital berikut:

Setir Mobil: Silahkan Brosis periksa bagian kemudi apakah terasa berat atau terlalu jauh perputaran setirnya. Caranya tinggal diputar seperti biasa jika terasa berat silahkan steel ulang dan untuk cek toleransi stir bisa dilakukan saat kondisi mobil terparkir dengan menggerakan stir kemudi kearah kanan atau kiri dan rasakan apakah jarak bebasnya terlalu jauh atau dekat.

Pedal Rem: Hal yang harus dicek berikutnya adalah komponen pengereman mobil, cek kepakeman rem mobil dengan cara menekan pedal rem dan amati efek yang ditimbulkannya apakah jarak pengeremannya terlalu jauh atau dekat. Selanjutnya steel juga jarak kerenggangan pedal rem, dengan menginjak pedal rem apa terlalu dalam atau sebaliknya. Atur jarak toleransinya dengan mengencangkan kabel rem mobil Brosis sekalian.

Pedal Gas: Respon tarikan gas yang baik membuat pengendara lebih nyaman dalam mengemudikannya. Atur jarak kerenggangan pedal gas Brosis dengan cara mengencangkannya di bagian kabel gas mobil.

Pedal Kopling: Terakhir cek juga kenyaman pedal kopling Brosis sekalian, kopling yang berat bikin kaki cepat pegal, selain itu kopling yang terlalu dalam juga bikin respon mobil sedikit melambat dari kondisi normal.

Baca Juga: Kupas Tuntas Penyebab Pedal Kopling Keras Saat Diinjak

Lampu Penerangan: Bagian ini sangat penting dicek untuk menandakan ada mobil di depan yang sedang melaju, karena penglihatan pengendara akan terganggu karena guyuran hujan yang membasahi kaca mobil.

Wiper Lancar: Komponen yang sangat penting untuk membantu kita dalam melihat ke depan, cek apakah masih lentur atau sebaliknya getas dan rapuh. Ganti segera jika sudah dirasa kurang baik. Jika kotor bersihkan dengan cairan alkohol.

Dengan melakukan beberapa pengecekan kondisi main control mobil, setidaknya rasa nyaman dan aman sudah dapat Brosis rasakan terutama saat berkendara di saat hujan lebat.

Hidupkan Lampu Utama Mobil

Menyalakan lampu utama mobil sangat membantu sekali dalam berkendara saat musim hujan tiba, pandangan kabur disertai kondisi jalanan yang kurang begitu jelas terlihat. Walaupun demikian saat kondisi ini tidak dianjurkan untuk menyalakan lampu darurat atau hazards, lampu ini justru bikin pengendara lain bingung terutama saat mau belok. Gunakan lampu hazards hanya saat berhenti di pinggir jalan.

Kurangi Kecepatan Mobil

Tips mengemudikan mobil saat hujan berikutnya adalah mengurangi ego kita saat berkendara, berbeda dengan keadaan saat cerah cuaca saat hujan membuat jalanan licin karena bercampurnya air dengan kotoran debu jalanan. Mengurangi ego kita dalam memacu kendaraan bisa membuat berkendara lebih aman dan nyaman. Hal ini lantaran daya cengkram ban terhadap jalan yang semakin berkurang dan rentan terjadi slip.

Hindari Genangan Air yang Cukup Besar

Cara mengemudikan mobil saat hujan lainnya yaitu lebih berhati-hati lagi dalam menerobos genangan air di jalan, lebih baik pelankan mobil saat melewatinya dan perhatikan rambu-rambu yang ada di jalan biasanya sering ada proyek galian perbaikan yang juga ikut terendam karena banjir.

Perhatikan Jarak Aman Berkendara

Tips menyetir mobil saat turun hujan pasti berbeda dari biasanya termasuk soal jarak aman terhadap kendaraan yang di depannya. jarak aman ini berguna untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan beruntun antara pengendara. Hal ini karena dipengaruhi beberapa kondisi, seperti: pandangan yang kabur dan juga jarak pengereman yang sedikit jauh karena kondisi jalan yang licin. Hal ini bisa dirasakan terlebih buat mobil yang bermuatan banyak, pengalaman pernah jarak pengereman bertambah sejauh 1 meter dari yang seharusnya ini karena muatan yang berlebih, jadi harap lebih berhati-hati lagi.

Periksa Ban Mobil

Tips berkendara saat hujan berikutnya datang dari sektor kaki-kaki mobil Brosis, pastikan keempat roda mobil semuanya dicek. Mulai dari tekanan angin ban yang ideal sampai kondisi kembang ban yang masih terlihat jelas atau ban tidak gundul. Ban tipis mudah sekali tergelincir karena daya cengkram ban yang berkurang, selain itu tekanan ban yang kurang sesuai bisa membuat ban melayang di atas air atau bahasa kerennya aquaplaning. Cara mengetahui ukuran tekanan ban mobil secara tepat bisa dilihat di bagian sisi pintu belakang, laci dashboard, dan di balik tutup tangki bahan bakar.

Baca Juga: Tips Mudah Memilih Ban Mobil Berkualitas Unggulan

Sekedar tips tambahan jika mobil sering menerjang genangan air ada beberapa komponen yang musti diperiksa, seperti: rem mobil. Ban mobil yang seringkali tergenang air kemungkinan besar bisa kemasukan air terlebih di bagian rem. Piston berkarat dan tidak bekerja secara optimal, akibatnya rem suka ngunci sendiri. Ciri-ciri rem mobil mengunci sendiri bisa Brosis rasakan yaitu saat pedal rem diinjak dan dilepas, akselerasi mobil sedikit tertahan karena rem yang terus terkunci. Jika tidak ingin hal ini terjadi periksa sistem komponen pengereman setiap 20.000 Km.

Tips tambahan berikutnya adalah cara mengatasi ban slip saat hujan yaitu dengan tidak menginjak penuh rem khususnya bagi kendaraan yang sudah didukung sistem pengereman ABS. Lebih baik tekan rem sewajarnya sambil mengarahkan setir kemudi mengikuti arah slip mobil Bro.

Tips mengendarai mobil saat hujan terakhir supaya lebih berhati-hati terhadap awal turunnya hujan, jalanan yang kering dan baru saja terguyur hujan cenderung lebih licin. Hal ini karena air hujan akan bercampur bersama kotoran dan minyak yang memicu terbentuknya lumpur walaupun dalam sekala kecil namun patut diwaspadai. Di saat ini segeralah turunkan kecepatan mobil, bukan sebaliknya malah menggeber kenceng.

Baca Juga: Syarat-syarat Klaim Asuransi Mobil Korban Banjir, Aproved!

Nah, bagaimana jika kita mengemudi mobil pada malam hari saat hujan deras?

Tips Mengemudikan Mobil Saat Turun Hujan Deras Tips Terbaik Cara Mengemudi Mobil Saat Hujan Deras Agar Aman dan Nyaman

Menyetir mobil pada malam hari saat hujan turun memang sedikit lebih sulit daripada di siang hari. Pandangan semakin berkurang karena pencahayaan yang kurang, oleh karena itu mengemudikan mobil saat malam hari kudu lebih ekstra hati-hati dengan menyalakan lampu utama. Selain itu mengurangi kecepatan mobil adalah salah satu langkah terbaik yang bisa Brosis lakukan.

Baca Juga: Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Jamuran, Langsung Bening Bro!

Cara beserta tips mengemudi mobil saat hujan deras ternyata cukup mudah dilakukan Brosis, cuman karena sibuk mungkin banyak yang melupakannya. Lebih berhati-hati dalam setiap berkendara adalah kunci utamanya, tidak peduli hujan atau tidak harus tetap waspada.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu