Ulasan Lengkap Tentang Umur Aki Kering Motor

Umur aki kering motor atau masa pakai aki motor dipengaruhi beberapa hal baik dari kondisi aki itu sendiri atau dari faktor eksternal seperti kesalahan perawatan aki motor.

Baterai atau accu motor merupakan salah satu komponen sepeda motor yang membutuhkan penggantian atau setidaknya membutuhkan pengisian ulang.

Nah, Aki sendiri terdiri dari dua jenis ada aki basah dan aki kering. Beda jenis beda pula perlakuannya, jika aki basah masih bisa diisi ulang berbeda halnya dengan aki kering yang tidak bisa diisi ulang karena hanya bersifat sekali pakai lebih tepatnya aki kering tidak bisa dicas.

Baca Juga: Cara Merawat Aki Basah Mobil

Lantas berapa masa pakai aki kering motor?

Umur Aki Kering Motor

Umur aki kering motor atau masa pakai aki motor dipengaruhi beberapa hal baik dari kondisi Ulasan Lengkap Tentang Umur Aki Kering Motor
Gambar Aki Kering Motor GS Astra
Jika diambil dari rata-rata pemakai sepeda motor kebanyakan usia pakai aki motor sekitar 1-2 tahun (365 hari x 2).
Nah, jika dihitung dari kilometer sudah menempuh jarak sekitar 20.000 Km.
Kendati demikian angka tersebut tidak bisa dijadikan acuan pasti, yah bisa saja toh lebih dari itu masih bisa nyala.

Baca Juga: Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah

Buat jaga-jaga saja sih, intinya. Persiapan dana saja buat ganti aki motor baru.

Sekedar tambahan untuk harga aki kering motor di pasaran itu sekitar Rp. 200 ribuan untuk ukuran aki kering motor 4 Volt. Semakin tinggi voltasenya biasanya semakin mahal misalnya: 6V dan 8V. Akan tetapi tidak usah risau budget Rp 500 ribu sudah cukup buat bisa pilih voltase aki sesuai selera.

Lantas bagaimana sih cara mengetahui aki kering motor yang bagus?

Cara Mengetahui Aki Kering Motor yang Bagus

Sebenarnya untuk memilih aki motor yang bagus apalagi dalam kondisi masih baru, pasti kebanyakan semuanya dalam keadaan prima (daya tahan aki maksimal). Baik itu aki merk gs astra, yuasa, aspira, federal, motobatt, dan lainnya.

Baca Juga: Cara Merawat Aki Motor

Hanya yang membedakan antara bagus dan jeleknya itu ada diperawatan aki. Cara merawat aki sendiri itu mudah bisa dilakukan dari hal sepele, misalnya: Saat menghidupkan mesin motor untuk pertama kalinya (pemanasan) baiknya jangan langsung menggunakan starter elektrik (aki), gunakan saja kick starter biar setelah mesin panas bebas mau gunakan starter gaya apa.

Tanda-tanda Aki Motor Soak

Adapun untuk ciri-ciri aki motor soak biasanya sudah tidak bisa lagi digunakan untuk menghidupkan mesin itu yang paling parah. Selebihnya biasanya bisa dilihat dari penerangan lampu sepeda motor yang semakin meredup.

Baca Juga: Cara Mengatasi Aki Mobil Sering Tekor

Ulasan tentang masa pakai aki kering motor (umur aki kering motor) selesai sudah, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu