Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Menit Mengganti Kampas Rem Belakang Vixion


Barangkali, untuk sebagian orang umumnya, mengganti kampas rem belakang yang sudah aus adalah perkara mudah. Ilustrasi sederhananya, persiapkan uang ( yang memang sudah ada di dompet atau menarik dari mesin ATM ), melarikan sepeda motor ke bengkel terdekat, menunggu sebentar, bayar, selesai...!

Tapi, untuk sebagian kecil orang sisanya, mencoba mengganti sendiri adalah hal yang patut di pertimbangkan, setidaknya biar lebih ekonomis, biar belajar jadi montir dadakan, biar lebih dekat dengan kuda besinya sendiri. Bila punya waktu luang, tentunya..

Tak berlama-lama, tak harus melepas as roda, tak harus melepas ban belakang, posisikan sepeda motor di tempat yang rata, segera lakukan : 

  • Pembongkaran ( 5 menit ).
    Lepaskan cover baut L dan buka dengan kunci L ukuran 5. ( perhatikan gambar )


Tarik kampas rem yang di sebelah kiri sambil memutar roda kebelakang agar memudahkan penarikan /melepas kampas.

Untuk kampas rem yang di sebelah kanan, tekan kampas agar mendorong piston ke arah dalam ( rumah piston ). Hal ini bertujuan agar kampas rem mudah ditarik/di lepas keluar. 

  • 2. Pemasangan (5 menit ). 
Setelah kedua kampas rem yang sudah aus di lepas, maka proses pemasangan bisa segera dilakukan dengan urutan kebalikan proses membongkar tadi. Tapi jangan lupa memberikan pelumasan di kedua ujung kampas baru yang akan di pasang. Perlu diperhatikan, posisi cover penutup baut L jangan sampai terbalik.

NB : Jika tidak tersedia obeng min pendek, gunakan alat lain yang dapat membuka/melepas tutup/cover baut L tersebut. Karena jika tidak, pergantian kampas harus dilakukan pelepasan ban yang merepotkan dan memakan waktu.

Dan selesai, semoga tips ini bermanfaat.. Salam fz!

Post a Comment for "10 Menit Mengganti Kampas Rem Belakang Vixion"