2 Cara mengatasi perseneling mobil yang mendadak sulit pindah/masuk diperjalanan


Salah satu kelemahan mobil yang mengusung transmisi manual dengan tipe jenis kopling hidrolis adalah adanya udara yang sempat menyelinap atau kebocoran yang terjadi dirangkaian hidrolisnya. Jika kondisi ini terjadi, maka anda akan kesulitan untuk menambah atau mengurangi gigi transmisi kendaraan.

Celakanya, jika tiba-tiba situasi ini datang saat anda berkendara di tengah-tengah perjalanan, yang artinya membuyarkan rencana-rencana yang telah anda susun sekian hari sebelumnya.

Untuk mengantisipasi bila hal ini benar-benar menimpa anda, berusahalah setenang mungkin, jangan sampai gelisah apalagi panik.

Yakini bahwa, tuas perseneling yang mendadak seperti nyangkut di gearboks transmisi atau tidak bisa sama sekali pindah gigi transmisi, kemungkinan mobil anda telah mengalami salah satu dari dua hal atau justru menagalami dua hal sekaligus yaitu masuk angin dan juga ada kebocoran di sistem kopling hidrolis kendaraan. Berikut ulasan bila gigi transmisi keras seketika :

1. Selalu sedia minyak kopling

Berbekal minyak kopling saat anda akan melakukan perjalanan jauh adalah pilihan yang mesti dicermati, karena bisa menjadi pertolongan pertama untuk kemudian mencari bengkel terdekat setelah mobil terkena masuk angin ataupun kebocoran kopling.

Menambahkan minyak kopling ke reservoir master silinder meskipun dalam keadaan bocor, akan membantu sementara gigi transmisi bisa dipindahkan, artinya mobil anda yang tadinya menghalangi jalan akhirnya bisa pula dipindahkan.

2. Parkir aman, hubungi bengkel terdekat

Jika anda tidak punya persediaan minyak kopling, maka yang terbaik segera dilakukan adalah parkirkan mobil dengan aman dan minta tolonglah kepada bengkel terdekat untuk memperbaiki kendaraan anda.

Selanjutnya, ada baiknya periksa sistem kopling hidrolis secara berkala dan setiap 20.000 km untuk mengantisipasi kebocoran yang tidak terduga, terutama jika anda akan melakukan perjalanan jauh.

Sekian tentang cara mengatasi mobil yang bermasalah.. Semoga bermanfaat, salam motovlog!

Post a Comment

0 Comments

Close Menu