Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 hal yang di cermati saat mengisi bensin sepeda motor


FZ Motovlog - Ketika bensin motor anda mendekati habis, atau malah sempat kehabisan, sebaiknya segeralah melakukan penambahan atau mengisi lagi di POM terdekat. Dianggap wajib, tanpa bahan bakar, secanggih apapun sebuah motor maka akan kehilangan fungsinya jika bensin di dalam tangkinya kosong.

Mengisi bahan bakar kendaraan, rutinitas sederhana memang, tapi benarkah seperti itu? Berikut uraiannya :

1. Hindari mengisi bensin terlalu penuh

Tentu saja, tujuannya agar anda terhindar dari bahaya-bahaya misalnya, tumpahan atau ceceran bensin yang terisi berlebihan lalu menetes ke arah engine yang akhirnya menyebabkan kebakaran. Selanjutnya, bensin yang sering tanpa disadari sering meluber juga akan merusak cat sepeda motor anda. Disamping itu, kerugian pembelian bahan bakar karena tertumpah secara percuma. 

2. Hindari tangki dalam keadakan kosong

Disarankan, jika anda tak lagi beraktifitas setelah seharian bekerja, sebelum parkir maka isilah atau tambahkan lagi bahan bakar untuk menghindari pengembunan di dalam tangki. Hal ini bertujuan mencegah kondensasi yang cenderung sebabkan karat atau mengkorosi dinding tanki. Kondisi terburuknya,  tangki bisa saja mengalami kebocoran dan serpihan-serpihan karat juga lama kelamaan akan menyumbat aliran bensin ke ruang bakar mesin. 

Apalagi jika anda tak berkendara untuk waktu beberapa lama, alangkah lebih baik tidak membiarkan tangki dalam keadaan kurang atau kosong. Isi bensin penuh, tapi sisakan ruang untuk pernapasan di dalam tangki.  Mencegah jauh lebih baik daripada mengobati. 

Sekali lagi, mengisi bensin nampaknya hal sederhana, namun anda tetaplah perlu mewaspadai dan hati-hati.  Moga bermanfaat.

Cover gambar < Bintang.com >

Post a Comment for "2 hal yang di cermati saat mengisi bensin sepeda motor"