2 Tips Ampuh Merawat Shockbreaker Sepeda Motor Agar Awet

FZ Motovlog - Dalam berkendara sehari-hari pasti akan bertemu jalan yang tidak rata, bergelombang, dan sebagainya. Bahkan jalanan yang terlihat lurus pun permukaannya tidak semua rata. Disitulah shockbreaker bekerja, meredam getaran dan memaksimalkan kenyamanan pengendara dalam berkendara.

Shockbreaker merupakan benda yang kuat, lihat saja tugasnya menopang kendaraan, belum lagi ditambah rider beserta penumpang dan barang yang dibawanya. tapi bukan berarti tidak memerlukan perawatan bukan?. Perawatan perlu supaya pemakaian shockbreaker bisa tahan lama dan.... bisa menghemat biaya pastinya. Lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat shockbreaker sepeda motor? berikut ulasannya...


1. Selalu jaga kebersihan shockbreaker sepeda motor

Apalagi jika sedang musim hujan, perawatan harus lebih maksimal.. debu atau parahnya pasir yang menempel akan menyebabkan baret/lecet pada fork shockbreaker. Jika fork shockbreaker baret/lecet dapat terjadi kebocoran oli shock. Perawatannya cukup mudah, hanya dengan membersihkannya dengan air bersih, lalu bersihkan sela-sela shock dan keringkan.

Begitu juga dengan shockbreaker depan, bersihkan kotoran yang menempel pada seal dan fork lalu lap dan keringkan. Kebersihan shock dapat memperpanjang masa pemakaian. Jadi, jangan lupa untuk selalu mengontrol kebersihannya.

2. Berkendaralah dengan baik

Jika melewati jalan yang tidak rata/berbatu, sebaiknya kurangi kecepatan. Terlebih jika sedang membawa beban berat, shockbreaker akan bekerja terlalu keras. Waspada juga dengan lubang pada jalanan pada kecepatan tinggi, shockbreaker bisa mengalami kebocoran oli pada saat itu juga.

Hindari hal-hal yang tidak perlu seperti freestyle (jumping, stoppie), dan menyetel tinggi rendah shockbreaker. Jika meninggikan shock hanya untuk gaya-gayaan saja bukan untuk keperluan seperti offroad dan merendahkan shock bukan untuk keperluan kontes lebih baik hindari.

Menyetel selain tidak direkomendasikan untuk penggunaan sehari-hari, juga bisa mengganggu kinerja shockbreaker. Seperti yang pernah FZ temui dari rider yang memakai peninggi shock mengatakan bahwa shocknya seperti maju mundur jika melewati jalan rusak. Efek buruknya? shockbreaker bisa-bisa patah saat sedang digunakan.

Last, selain merupakan salah satu komponen utama, kenyamanan dalam berkendara juga ditopang oleh shockbreaker. Jaga selalu kebersihannya agar selalu maksimal fungsinya. Jika keselamatannya tidak tertolong lagi (rusak parah).. ganti dengan yang baru. Sudahkah sobat otomotif merawat shockbreakernya?.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu