-->

2 Tips mencegah mesin motor vixion panas berlebihan

Sumber Google Image
FZ Motovlog - Hal yang sering memicu mesin motor mengalami panas berlebihan ketika berkendara, terlebih melakukan perjalanan jauh, karena tidak bekerjanya sistem pendingin secara optimal dan hal yang terkait langsung dengan proses kerja mesin.

Untuk mencegah masalah ini, coba anda lakukan :

1. Merawat dan pelihara sistem pendingin.

    a. Liquid coolant/ air radiator
        Berkurangnya air radiator, menjadi pemeran utama penyebab panas saat komponen yang lain tidak mengalami disfungsi. Level maksimumnya perlu dijaga, jangan diabaikan.

    b. Kebocoran Radiator
        Selalu periksa kondisi radiator, pastikan tidak terjadi bocor pada tutup, sirip-sirip radiator, hose/ slang radiator, dan baut pembuangan radiator. Satu hal yang mungkin tanpa anda sadari, bermaksud memberikan perlindungan untuk sirip-sirip radiator, tapi justru menghalangi terpaan udara yang seharusnya mendinginkan radiator.

    c. Fungsi Radiator pump/ pompa
        Sebagai pengatur sirkulasi air pendingin, tentu saja kinerja dari komponen yang satu ini mesti sering diperiksa. Pastikan pompa bekerja saat anda berkendara.

    d. Thermostat
         Pada suhu di bawah 80 derajat, thermostat masih menutup. Komponen ini akan membuka saat suhu sudah mencapai 80 derajat celcius ke atas. Bila tidak, kemungkinan thermostat mengalami kerusakan.

2. Perawatan mesin

    a. Ganti oli mesin secara berkala
        Sebaiknya pergunakan oli beroktan tinggi, untuk menjaga keseimbangan pelumasan dan pendinginan mesin secara stabil.

    b. Cek kekencangan rantai dan gear
        Rantai motor yang terlalu kencang atau kendor akan mempengaruhi tingkat pemanasan mesin saat kendaraan dikendarai. Begitupun kondisi rantai dan gear, bila telah mengalami keausan sebaiknya diganti.

Moga tips ini membantu anda meminimalkan suhu panas berlebih pada motor sewaktu berkendara, Salam Motovlog!
LihatTutupKomentar