Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Awet Dan Tahan Lama


FZ Motovlog - Pada Sepeda motor manual, rantai merupakan salah satu komponen penting ( faktor penting yang membuat kendaraan tersebut bergerak ), karena fungsinya sebagai pemindah daya dari gearbox ke roda. Perhatian lebih maksimal mesti di arahkan ke komponen yang satu ini. Masalah ( dalam pemakaian, tentunya ) bisa saja sering timbul, terlebih lagi jika anda menggunakan sepeda motor untuk kegiatan sehari-hari seperti bekerja, pergi ke sekolah, dan keperluan-keperluan yang membutuhkan " ekstra sering ".

Rantai yang tidak terawat dan cenderung di biarkan kendur, atau kering tanpa pelumasan dapat berakibat fatal bagi pengendaranya. Bahkan bisa menyebabkan hal paling buruk (kecelakaan) yang berujung maut ( pengendara maupun orang lain ).

Di samping itu, rantai ( kering dan kendur ) sangat mempengaruhi kecepatan dan menimbulkan suara berisik bagi kenyamanan pengendara. Olehnya, sedikit tips sederhana dari pengalaman akan saya coba share ke teman-teman :


1. periksa kekencangan rantai.

      Memeriksa dan melakukan penyetelan kekencangan rantai saat terlihat kendur, dengan jarak antara 8-11 mm ( 10 kg ). Perlu di ingat, pada kondisi tertentu ada saja yang menyetel rantai agak kencang, padahal bisa mengakibatkan rantai putus dan mesin jadi panas.
Penyetelan rantai sebaiknya di lakukan, seberapa lama dan sering kita berkendara di setiap harinya. Karena menjaga kondisi rantai seperti yang di anjurkan, akan  memperkecil tingkat kerenggangan pada pemakaian yang tidak tentu.

Begitupun menjaga tingkat ayunan rantai ( perbedaan posisi sekitar 0,5-1 cm ) akan membantu rantai lebih mudah pas pada gear ( center/lurus ). Dengan lurusnya posisi antara gear, akan membentuk gerakan rantai bergerak secara benar pada jalurnya. Swing arm dan bosh besi yang terpasang dengan lurus/center juga akan membantu putaran rantai sejajar, sehingga usia rantai bisa lebih lama.


2. Menjaga kebersihan dan pelumasan rantai.

    Karena fungsinya sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang, maka kebersihan rantai perlu mendapat perlakuan maksimal agar performa motor terjaga secara keseluruhan. Letaknya yang terbuka akan memudahkan kotoran menempel, yang lama-kelamaan mengakibatkan rantai menjadi kering dan berisik.

Untuk itu, rantai wajib bersih dan senantiasa terlumasi. Dengan memberikan penetran ( pembersih khusus rantai ), minyak tanah, ataupun solar, sehingga kotoran yang menempel bisa di lunturkan. Selanjutnya berikan pelumasan yang merata untuk mengurangi/memperkecil gesekan antara rantai dengan gear.

Oke, cukup dengan dua tips ini, di jamin rantai motor akan berumur lama. Di samping itu, berkendaralah dengan hati-hati di jalan setiap waktu ( karena tips ini tak berguna tentunya, bila  tidak di tunjang dengan sikap berkendara yang baik ), selalu menjaga KECEPATAN. Salam Motovlog!








Post a Comment for "2 Tips Merawat Rantai Sepeda Motor Agar Awet Dan Tahan Lama"