Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Langkah Mudah dan Cepat Mengganti Air Radiator Mobil


- Dalam jarak puluhan ribu kilometer, kondisi air pendingin/coolant akan kurang maksimal dalam proses pendinginan. Oleh karena itu ganti secara berkala air radiator agar mesin selalu bekerja dalam suhu yang optimal.

Waktu pergantian ini berbeda tergantung karakteristik mesin. Namun lebih baik jika waktu pergantian dipatok misalnya per 20.000 km pada mobil, dan 15.000 km pada sepeda motor. Tujuan pergantian ialah agar saluran-saluran pada radiator tidak tersumbat oleh kotoran, dimana jika saluran tersumbat otomatis proses pendinginan jadi tidak maksimal.

Langkah mengganti air radiator / coolant

Pergantian air radiator cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri dirumah jika ada waktu pastinya. Dimulai dari

Langkah awal membuka tutup radiator dan baut pembuangan air pendingin. Sebelum melakukan proses pergantian, periksa dan pastikan mesin dalam keadaan dingin, jika masih panas air dapat membuat tangan cedera berat.

Jika tutup dan baut sudah terbuka lalu nyalakan mesin, tujuannya agar air radiator terbuang semua. Yakin air pendingin telah habis lalu tutup baut pembuangan air pendingin tadi dan matikan mesin.

Langkah kedua, jika terdapat baut pembuangan angin maka buka baut tersebut lalu tuang air pendingin yang baru hingga air meluap melalui baut pembuangan tadi dan tutup kembali baut tersebut.

Setelah itu hidupkan kembali mesin dan biarkan hingga jarum temperatur pada speedometer menunjukkan setengah. Jika volume air pendingin masih terlihat atau dirasa kurang tambah hingga batas maksimal air pendingin dan pasang kembali tutup bagian atas radiator. Jangan sampai lupa memasangnya kembali.

Langkah ketiga, jangan sampai lupa juga untuk mengganti cadangan air pendingin di reservoir tank. Buang air lalu bersihkan dan isi kembali. Ingat saat mengisi jangan terlalu penuh dan jangan terlalu sedikit. Atau lebih baik tepat pada batas maksimal.

Itu dia 3 langkah mudah dalam mengganti air radiator sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "3 Langkah Mudah dan Cepat Mengganti Air Radiator Mobil"