Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Tips parkir mundur mobil yang benar


Kesulitan parkir mundur?

Tentu saja, karena ketika anda memundurkan mobil, maka semua terlihat dan terasa terbalik. Bahkan, jika kurang konsentrasi dan tidak memperhatikan seksama tempat yang akan dimunduri, ada kemungkinan menjadi ragu untuk melanjutkan parkir.

Perkara parkir mundur, sebenarnya adalah hal yang semua pengemudi suka atau tidak, mahir atau tidak mahir harus dilakoni, apakah ia seorang pemula atau yang telah berpengalaman sekalipun. Karena tidak mungkin mengemudi hanya parkir maju terus tanpa adanya aktifitas parkir mundur.

Akan tetapi, jangan pernah meremehkan hal ini, meski bagi sebagian banyak orang parkir mundur adalah soalan mudah, sebaliknya masih ada yang kesulitan. Pemula atau ahli bukanlah menjadi ukuran untuk seseorang tidak akan kesulitan dan akhirnya melakukan kesalahan. Ya, kesalahan kecil hingga yang fatal.

Banyak fakta yang merekam tabrakan saat seseorang parkir mundur terhadap kendaraan lain maupun bersenggolan dengan benda-benda disekitarnya. Olehnya, untuk mengurangi kesalahan ada baiknya lakukan hal berikut :

1. Perhatikan area putaran/ manuver

Ketika anda akan parkir mundur ke arah kiri atau kanan sejajar, serong, atau paralel maka pastikan areal manuver cukup aman untuk melakukan putaran awal kendaraan dengan harapan tidak mengganggu konsentrasi bagi pengemudi yang tidak tebiasa di tempat-tempat ramai.

Terlebih, di malam hari yang mungkin saja penerangan tidak cukup jelas, maka jangan lupa nyalakan lampu sign kanan saat anda akan mundur ke kiri agar kendaraan yang ada di belakang waspada terhadap pergerakan anda dan cukup memberi ruang, begitu juga sebaliknya.

2. Perhatikan area mundur

Tentu saja, apakah sudah ada kendaraan lain yang terlebih dulu parkir, garis pembatas antar kendaraan, stopper ban belakang agar tidak bablas membentur tembok, atau apa saja yang sekiranya membahayakan mobil anda ketika mundur.

Parkir serong atau paralel, lakukan juga hal yang sama. Apalagi jika tidak tersedia panduan diam di tempat parkir, maka sikap hati-hati lebih ditingkatkan, mengingat sedikit kesalahan saja akan merugikan anda.

3. Periksa area parkir secara langsung

Jika anda ragu terhadap situasi parkir, maka sebaiknya turun dari kendaraan dan pastikan dengan aman. Jangan malu untuk melakukan hal ini dan juga tidak ada larangan bila anda memastikan secara langsung, terlebih kalau masih pemula dalam mengemudi.

Post a Comment for "3 Tips parkir mundur mobil yang benar"