4 Penyebab Suhu Mesin Cepat Panas dan Kipas Radiator yang Menyala Terus


- Beda cerita dengan kipas radiator pada mobil yang digerakkan dengan fan belt, kipas radiator elektrik ini hanya berputar jika sensornya mendeteksi suhu yang meningkat tinggi. Dalam hal ini berarti suhu mesin meningkat tetapi hembusan angin kurang lalu kipas radiator menyala untuk membantu proses pendinginan. Ini dalam proses normalnya.

Namun seperti yang dilansir dari SkyZicious (29/5/2017) bahwa ada beberapa faktor yang membuat kipas terasa tidak normal kerjanya karena kipas terlalu cepat berputar bahkan sering menyala. Padahal kendaraan baru saja digunakan dan jaraknya belum terlalu jauh.

Beberapa faktor yang diduga menjadi penyebab kipas radiator terlalu cepat dan sering menyala ialah sebagai berikut.
  • Penggunaan aksesoris yang menghambat aliran udara
Pemasangan aksesoris yang kurang tepat dan tidak sesuai standar pabrik memang sering terjadi walaupun tujuannya benar. Misal seperti penggunaan cover radiator yang tujuannya agar sirip-sirip radiator tidak rusak terkena kerikil tapi memilih cover radiator yang terlalu rapat atau minim lubang hingga aliran udara yang melewati sirip radiator minim dan akhirnya berpengaruh pada mesin yang menjadi cepat panas.

Begitu juga dengan penggunaan fairing variasi pada sepeda motor yang bertipe Naked (seperti Vixion, CB dan lain-lain). Jika fairing standar pabrik itu aman karena sudah diperhitungkan dengan teliti dan berpengaruh pada saat motor digunakan (pengaruhnya pada stabilitas berkendara, aerodinamis dan sebagainya).

Pemasangan fairing variasi lama kelamaan akan menimbulkan suara-suara tambahan jika cara pasangnya kurang bagus. Fairing variasi juga bisa menjadi penyebab kipas radiator cepat menyala karena aliran udara di bagian mesin jadi tidak lancar akibat hawa panas dari mesin tidak terbuang langsung dari sekitar mesin (easy : anginnya masih muter-muter disitu :v). Namun ini masih opini.

Bracket plat nomor di bawah headlamp saat ini juga menjadi trend. Karena jujur, tampilan kuda besi jadi "aneh" jika meletakkan plat nomor di atas headlamp. Tapi, meletakkan plat nomor di bawah headlamp disinyalir menjadi salah satu penyebab kipas radiator cepat menyala.

Sebaiknya pasang braket plat nomor yang lebih landai/menghadap ke atas. Tujuannya agar aliran udara tidak terganggu. selain itu juga tidak menimbulkan bunyi karena plat nomer tidak bergesekan dengan spakbor. (maafkan gambarnya :v)

  • Kerusakan pada radiator
Kerusakan pada radiator juga berpengaruh, namun dalam skala kecilnya saja seperti sirip-sirip radiator banyak yang bengkok, thermostat yang macet dan lain-lain. Sirip radiator yang bengkok membuat udara yang lewat tidak maksimal bahkan tidak bisa melepas hawa panas yang berasal dari air panas tadi.

Sedangkan thermostat yang macet, thermostat tidak dapat mengalirkan air ke radiator pada saat suhu pada mesin meningkat. Jika dibiarkan, mesin dapat mengalami kerusakan serius seperti overheating.
  • Penggunaan oli mesin yang kurang tepat
Oli mesin yang terlalu kental membuat kinerja mesin menjadi berat yang berujung pada akselerasi kurang mantap dan mesin cepat panas. Untuk itu gunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin atau oli standar pabrik.
  • Suhu lingkungan sekitar
Suhu di lingkungan sekitar saat berkendara tidak hanya terpengaruh pada pengendaranya saja, tetapi mesin juga terpengaruh. Jika kondisi sedang terik dan macet suhu mesin akan lebih cepat meningkat dan sebaliknya. Tapi hal ini tidak berbahaya dan tidak membuat mesin dan komponen lainnya rusak.

Yaps.. itulah beberapa faktor penyebab kipas radiator cepat dan sering menyala secara tidak wajar menurut analisa, pengalaman rider lain, dan pengalaman fz sendiri. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu