Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Kerusakan Fatal pada Mobil atau Motor yang Jarang dipakai

Jika terlalu lama nganggur di garasi, komponen kendaraan akan mengalami kerusakan, Nomer 5 paling parah

- Manusia yang terlalu lama tidur atau berdiam, pasti akan merasakan sakit atau pegal dibeberapa bagian tubuh dan kesehatannya akan terganggu.

Banyak sebab kendaraan jadi jarang digunakan, mulai dari pergi bekerja menggunakan angkutan umum, ada kerusakan yang membuat kendaraan tidak bisa bergerak, merantau, dan lainnya. Namun perlu diketahui jika terlalu lama tidak digunakan kendaraan akan mengalami kerusakan dibeberapa bagian komponennya.

5 kerusakan yang paling sering timbul pada kendaraan yang jarang digunakan adalah sebagai berikut

  • 1. Kerusakan pada aki
Kendaraan yang terlalu lama nganggur akan mengalami kerusakan pada aki karena tidak ada proses pengisian dan keadaan aki masih tersambung dengan sistem kelistrikan. Sebaiknya jika kendaraan akan lama tidak digunakan, terlebih dahulu lepas sambungan yang tersambung pada aki agar awet. Jika hanya ditinggal bekerja, sempatkan memanaskan mesin kendaraan secukupnya.
  • 2. Kerusakan pada ban
Kerusakan pada ban terjadi sudah pasti karena posisi ban yang selalu menjadi tumpuan hanya satu titik. Hal tersebut akan membuat ban mengempis dan permukaan ban jadi tidak rata. Untuk menghindari kerusakan tersebut, pada mobil, gunakan penyangga atau jack stand, jangan gunakan dongkrak karena seal pada dongkrak cepat kalah dan akan mengalami kerusakan juga.

Pada sepeda motor, cukup gunakan standar tengah. Namun pada motor sport, gunakan standar paddock. Gunakan standar paddock depan belakang agar lebih maksimal karena jika bagian belakang saja, berat motor masih ditumpu oleh ban depan.
  • 3. Kerusakan pada rem
Kerusakan pada rem biasa terjadi pada mobil yang lama nganggur dan rem tangan/handbrake aktif. Namun pada motor juga tidak menutup kemungkinan bisa terjangkit. Oleh karena itu, sebelum kendaraan akan lama nganggur, ganjal roda dan lepas handbrake. Agar lebih maksimal gunakan jack stand.
  • 4. Kerusakan pada wiper
Wiper juga akan mengalami kerusakan jika mobil lama tidak dipakai. kerusakaannya ialah mengerasnya karet wiper sehingga saat digunakan waktu hujan wiper tidak sempurna menghapus air yang ada dikaca. Solusinya ialah mengganjal wiper agar tidak berhubungan langung dengan kaca.
  • 5. Kerusakan pada dompet pemilik kendaraan
Yaps, kerusakan ini paling fatal. Karena jika semua kerusakan tersebut komplikasi, maka biaya perbaikan kendaraan dapat membuat dompet pemilik menjadi rusak.

Untuk menghindari kerusakan fatal nomer 5 tersebut. Sempatkan untuk selalu merawat dan memperhatikan kendaraan agar selalu dalam kondisi prima. Selain itu tutup kendaraan agar tidak terkena debu.

Post a Comment for "5 Kerusakan Fatal pada Mobil atau Motor yang Jarang dipakai"