8 Tips Menghilangkan Jamur di Kaca Mobil


- Jamur di kaca mobil, membuat mobil terkesan tidak terawat. Bagian kaca terutama bagian depan sangat menggangu pandangan dan membuat pengemudi risih dengan jamur di kaca mobil tersebut.

Penyebab timbulnya jamur pada kaca mobil akibat yang sering adalah memarkirkan mobil di tempat yang terbuka atau terpapar terik matahari secara langsung. Pada sinar matahari terdapat sinar ultraviolet (UV).

Jika pada mobil terdapat kotoran apalagi kotoran basah (ta*i burung misalnya :v) dan terpapar sinar UV matahari maka zat dari kotoran tersebut akan melekat pada kaca bahkan pada bodi kendaraan dengan kuat. Itulah yang menjadi penyebab timbulnya jamur pada kaca maupun bodi mobil.

Namun jangan khawatir, karena ada beberapa bahan di rumah yang dapat digunakan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil, berikut ulasannya.

1. Gunakan pasta gigi

Pasta gigi yang digunakan untuk membersihkan kaca mika lampu yang kusam, pasta gigi juga efektif dalam menghilangkan jamur pada mobil. Caranya dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian yang berjamur, tunggu hingga pasta gigi mengering dan bilas dengan air bersih dan keringkan. Jika dirasa masih kurang ulangi proses pembersihan.

2. Gunakan minuman bersoda

Yap, minuman bersoda dapat digunakan untuk merontokkan jamur pada kaca. Cara penggunaannya dengan membersihkan kaca dari debu dan kotoran lain (jangan dibasahin). Ambil lap kering yang bersih lalu basahkan dengan minuman bersoda tadi, lalu gosok pada jamur yang melekat. Untuk hasil maksimal ulangi penggosokan berkali-kali.

3. Gunakan pemutih pakaian

Selain untuk memutihkan dan membersihkan pakaian, pemutih pakaian juga efektif untuk membersihkan jamur membandel pada mobil. Pertama bersihkan terlebih dahulu area yang akan dibersihkan, celup kain bersih ke cairan pemutih yang telah dicampur air lalu gosok dan ulangi sampai jamur benar-benar bersih agar hasil maksimal.

4. Gunakan cuka apel

Cuka apel juga ampuh menghilangkan noda dan jamur pada mobil khususnya pada kaca. Seperti yang dilansir dari mekanikmitsubishi.com (01/5/2017) penggunaan cuka apel untuk membersihkan jamur pada kaca mobil dengan mencampurkan 3 sendok makan cuka dengan 1 liter air bersih lalu celupkan kain bersih pada campuran cuka. Setelah itu gosok secara memutar pada jamur. Untuk hasil yang maksimal ulangi penggosokan hingga noda jamur yang mengganggu hilang.

5. Gunakan face tonic

Face tonic juga ampuh dalam menghilangkan noda jamur pada mobil. Namun hati-hati saat mengambil face tonic (jangan sampai ketahuan emak :v). Cara penggunaannya cukup mudah, hanya dengan membasahkan kain bersih dengan face tonic lalu gosok pada area yang berjamur dan lakukan berulang agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sekali lagi hati-hati dalam mengambil face tonic.

6. Gunakan bedak

Bedak yang digunakan adalah bedak tabur (jangan punya emak :v). Caranya dengan mencampur bedak dengan air hingga berbentuk pasta lalu gosok menggunakan kain. Agar hasil maksimal ulangi proses penggosokan dan bersihkan dengan air bersih.

7. Gunakan Alkohol

Alkohol cukup ampuh untuk menghilangkan noda jamur pada kaca mobil. Caranya basahkan kain dengan alkohol lalu gosok pada area yang berjamur dan lakukan berulang agar hasil maksimal. Gunakan alkohol maksimal 90%.

8. Gunakan air tembakau

Cukup dengan merendam segenggam tembakau kering dalam gayung (jangan direbus) selama 11-15 menit. Sambil menunggu tembakau direndam, bersihkan kaca mobil yang berjamur dengan air bersih dan keringkan. Setelah kaca mengering dan tembakau sudah siap, siram air tembakau pada area yang berjamur sambil digosok hingga kaca bersih dari noda jamur. Jika dirasa kurang maksimal maka ulangi lagi proses pembersihan.

Oke, sekian 8 tips untuk menghilangkan jamur membandel dikaca mobil. Untuk mencegah noda jamur datang lagi, usahakan untuk memparkir mobil ditempat yang teduh dan aman agar terhindar pergantian cuaca misal dari hujan langsung terkena panas matahari. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu