Adakah manfaat memasang gas spontan bagi motor harian?

Sumber Google Image
FZ Motovlog - Memperpendek moment putar saat memutar grip gas, memang akan berpengaruh pada tarikan motor. Tentunya akan berbeda dengan gaya gas standard bawaan pabrikan. Akan tetapi, mengaplikasikan High/ Quick throttle pada motor berkarakter sport yang dipergunakan untuk aktifitas harian saja, tidak disarankan.

 Kendatipun, misalnya ada distributor yang menyediakan gas spontan merk Magura yang memiliki stelan gas cross dan enduro. Namun, umumnya penggunaan gas spontan lebih dianjurkan ke motor underbone dan drag.

Selain pada motor cross, yang memang kebanyakan diperuntukkan untuk tipe ini. Dengan kata lain, gas spontan baik digunakan untuk balapan bertipikal trek pendek dan cepat. Sederhananya, pemasangan gas spontan akan menyebabkan :

 1. Bahan bakar boros

 Apabila gas spontan dibetot, kompresi dan putaran mesin mesti mampu mengikuti. Jika tidak, bahan bakar cuma habis terbakar percuma di ruang bakar alias karbu akan kewalahan mengatur supplai bahan bakar, apalagi bila anda masih memakai karburator standard. 

 2. Tidak mengubah performa mesin

 Pendapat yang mengatakan tenaga mesin bisa terdongkrak dengan memakai gas spontan, ternyata tidak terbukti. Perangkat ini cuma mempersingkat putaran gas karena diameternya lebih besar, sehingga ketika throttle bodi dibetot, secara spontan langsung terbuka tanpa harus memutar grip gas terlalu banyak. Info ini hanya sekedar opini. Tks, moga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu