Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Agar Cat Motor Awet, Hindari 5 Hal Ini...

Sumber Google Image

fzmotovlog - Banyak orang-orang yang mengasumsikan bahwa karakter seorang rider atau driver dilihat dari bersih atau tidaknya kendaraan miliknya. Apalagi dalam urusan cat, sudah pasti sang pemilik berusaha selalu menjaganya.

Mengusamnya cat motor tentu sangat mengganggu. Selain terkesan tidak terawat, karakter pemiliknya terlihat, kusamnya cat membuat penampilan motor dan ridernya jadi tidak menarik.

Lalu bagaimana agar cat selalu mengkilap dan bisa tahan lama? hindari hal-hal berikut.. Seperti

1. Cahaya Matahari

Penempatan motor di tempat terbuka sudah pasti berhubungan langsung dengan cahaya matahari. Cahaya matahari terdapat sinar Ultra Violet (UV) yang mampu mendeskontruksi atau merusak lapisan cat yang berakibat cat pudar, kusam, dan menguning. Apalagi hal ini terjadi berjam-jam dan rutin setiap hari. Jadi, parkirkan kendaraan ditempat yang teduh dan aman.

2. Air Hujan

Di dalam air hujan terdapat kandungan zat asam nitrat (HNO3) yang berpotensi merusak lapisan pengkilap cat motor. Parahnya zat ini dapat mempercepat proses korosi pada bagian mesin dan chassis. Di Perkotaan, air hujan akan bertambah asam karena polusi udara. Bayangkan jika setelah terkena air hujan lalu terkena lagi panas matahari..

3. Debu

Hal seperti debu jangan dianggap sepele. Debu dapat menyebabkan bodi menjadi baret atau lecet-lecet kecil. Partikel kecil yang selalu hinggap dimana saja ini juga dapat membuat warna cat terganggu.

4. Tumpahan Minyak

Cat sangat anti dengan minyak seperti minyak rem. Jika minyak rem mengenai cat, maka cat akan mengelupas. Bahan bakar minyak pun dapat mempengaruhi cat, biasanya hal ini terjadi saat sedang mengisi bahan bakar.

Selain kedua hal tersebut, minyak kayu putih juga berbahaya jika mengenai cat motor. Cat bisa memudar atau bahkan mengelupas.

5. Penggunaan Detergen Saat Mencuci Motor

Rusaknya cat motor biasa diakibatkan oleh penggunaan detergen, sabun colek, dan lain-lain yang memiliki kandungan kimia keras. Kandungan tersebut dapat merusak dan mengikis cat motor. Gunakan sabun khusus untuk mencuci motor agar cat selalu mengkilap.

Saat pengeringan, langsung lap bodi motor dengan lap kanebo agar tidak ada noda air atau jamur yang nantinya sulit dihilangkan. Oke sekian, semoga bermanfaat..!!

Post a Comment for "Agar Cat Motor Awet, Hindari 5 Hal Ini..."