Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Alasan Mitsubishi Xpander Menggunakan Penggerak Depan (FWD)

- Alasan Mitsubishi Xpander Menggunakan Penggerak Depan (FWD) - Pendatang baru di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV), iyaps, Mitsubishi Xpander. Pandangan pertama fz langsung jatuh cinta sama nih mobil muach muach. :v


Sistem penggerak depan atau FWD yang diaplikasikan pada Mitsubishi Xpander sepertinya banyak yang meragukan ya,? kenapa.?

Memang pada sistem FWD terdapat kekurangan, seperti misalnya pada saat melewati tanjakan yang cukup terjal akan lebih mudah mengalami selip, menikung pada kecepatan tinggi akan terasa efek understeer, tenaga kurang dan sebagainya. Tapi bagi fz "itukan dulu". Karena seiring kemajuan teknologi, pasti efek-efek dari kekurangan tersebut dapat diminimalisir atau bahkan dihilangkan.

Tentu ada alasan mengapa Mitsubishi menggunakan penggerak depan pada Xpander. Menurut Rifat Sungkar yang merupakan Product Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia dan dikenal juga sebagai pereli nasional mengatakan jika penggunaan FWD atau RWD jika dianalogikan seperti Android dan Apple yang keduanya menjadi pilihan yang harus ditentukan.

"Itu pilihan, tapi jika berbicara keuntungan, rear wheel drive itu akan memakan lantai cukup banyak dibanding front wheel drive. Jadi, mobil akan banyak kehilangan rasio," jelas Rifat saat berbincang dengan Liputan6.com di GIIAS 2017, Kamis (17/8/2017)."Dengan menggunakan rear wheel drive, pasti terdapat axle (gardan) belakang, girboks, as roda akan membuat suara lebih banyak. "Sekarang, truk di Eropa sudah menggunakan front wheel drive, karena tahu keuntungannya," tambahnya. "Kalau ngomongin FWD dan RWD, misalkan mobil 100 Tk, begitu RWD berapa tenaga yang kepotong,ada girboks, gardan, ada as roda. Sedangkan mobil FWD, dari mesin, girboks, as roda, persentase diskon lebih kecil. Noise lebih kecil, floor lebih dapat, dan handling coba tanyakan sendiri bagaimana mobil penggerak depan," pungkasnya.

Untuk handling, FWD lebih lincah dan mudah dikendalikan di jalan perkotaan yang banyak rintangan. Selain itu, FWD juga konsumsi bahan bakarnya lebih irit, lebih hemat tempat, tenaga yang terbuang lebih kecil.

Jadi, FWD maupun RWD mempunyai kelebihan dan kekurangan. Mobil dengan sistem FWD, dengan sistem RWD, semua beda dikit aja. Yap, tergantung selera.

Post a Comment for "Alasan Mitsubishi Xpander Menggunakan Penggerak Depan (FWD)"