Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Angin Ban Nitrogen Lebih Bagus Ketimbang Angin Biasa, Kenapa?

Angin Ban Nitrogen Lebih Bagus Ketimbang Angin Biasa Angin Ban Nitrogen Lebih Bagus Ketimbang Angin Biasa, Kenapa?
Ban Mobil

Tekanan angin ban mobil sering kita isi dengan angin biasa, akan tetapi sebenarnya yang recomend tu diisi apa sih? Ada yang bilang tekanan ban akan stabil bila diisi nitrogen, katanya ini lebih baik dibanding angin biasa.

Pernyataan di atas memang sudah dibuktikan kebenarannya, angin ban mobil yang menggunakan nitrogen cenderung lebih stabil. Tekanan ban akan tetap terjaga dan sedikit sekali terbuang, hal ini berbeda saat kita memakai angin biasa untuk mengisi ban.

Alasan logisnya karena nitrogen memiliki molekul-molekul yang lebih gede ketimbang angin biasa, sehingga celah ban yang kecil sulit ditembus oleh molekul nitrogen dan hal tersebut membuat tekanan ban mobil tetap terjaga lebih lama.

Jika dicermati kelebihan nitrogen ketimbang angin biasa dapat dicermati dari lamanya ban mobil kempes, biasanya untuk angin biasa ban akan berkurang tekananannya dalam kurun waktu tujuh hari.

Selain itu sifat nitrogen yang mampu mereduksi panas juga tak kalah penting, pemakaian nitrogen lebih baik daripada udara biasa. Ban tidak mudah meledak saat dalam tekanan panas tinggi.

Nah, untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan saat berkendara ada baiknya dilakukan pengecekan secara berkala, ini untuk menjaga tetap terjaganya kondisi ban itu sendiri kendati Brosis masih menggunakan udara biasa.

Cek secara rutin tekanan ban dua minggu sekali, biasanya waktu tersebut sangat tepat untuk mengetahui kondisi angin pada ban, gunakan alat pengukur tekanan ban dan sesuaikan jangan terlalu keras dan empuk.

Sebab beberapa hal bisa saja terjadi tak kala tekanan ban mobil dibawah standar, seperti : bensin boros karena mobil berjalan terlalu berat dengan kondisi ban yang kempes, pelek penyok, ban cepat rusak, dan sebagainya.

Sayangnya untuk mendapatkan semuanya sangatlah susah, terlebih untuk angin ban nitrogen karena keberadaannya yang belum mencakup seluruh wilayah Indonesia. Tidak hanya itu terkadang harganya yang cenderung lebih mahal juga mengurangi hasrat untuk pemakaian nitrogen.

Berdasarkan ulasan di atas memang masih ada kekurangan dan kelebihan baik untuk nitorgen maupun angin biasa. Terlepas semuanya perawatan yang rutin itu lebih baik dan menjaga kondisi ban itu sendiri.

Post a Comment for "Angin Ban Nitrogen Lebih Bagus Ketimbang Angin Biasa, Kenapa?"