Apa Itu Crown Wheel dan Bagaimana Proses Pembuatannya?


- Hiaatt, tercyduck nih yang lagi nyari artikel tentang crown wheel atau yang biasa kita kenal dengan sebutan gigi matahari, ring gear dan sebagainya wkwk. :v

Crown wheel atau gigi matahari ini berfungsi untuk menerus atau mentransmisikan gaya yang dihantarkan dari mesin ke roda agar bisa berputar dan bergerak. Dibalik keindahan bentuk yang dimiliki crown wheel (menurut fz yak :v), ternyata dalam proses pembuatan crown wheel cukup berbahaya. Kenapa?

Proses pembuatan crown wheel dapat disebut berbahaya karena minimnya sistem automatisasi saat pemindahan crown wheel ke tempat pemrosesan crown wheel. Maksudnya? yap, semua dilakukan secara manual. Lalu kenapa berbahaya? yap, supaya crown wheel mudah dibentuk, crown wheel dibakar hingga membara. Nah bahayanya, crown wheel yang membara dan lunak tersebut dikerjakan secara manual.

Ditambah lagi para pekerja yang hanya menggunakan sarung tangan dan jaket tanpa adanya perlengkapan pelindung lain seperti kacamata dan helm. Bisa dibayangkan saat crown wheel dicetak, percikan dari crown wheel nyasar ke mata. Wah tsadest. :v

Nah kalau penasaran bagaimana cara pembuatan crown wheel, simak video berikut ini.


Gimana,? GG kan? :v. Dari segi safety memang ini kurang ya karena tidak adanya helm dan kacamata yang digunakan oleh para pekerja. Walaupun para pekerja tersebut sudah professional dalam melakukan tugasnya.

Oke sekian dulu dari fz tentang crown wheel, semoga bermanfaat, see you sweetheart muach. :v

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu