Apa Itu Engine Brake Dan Cara Aman Menggunakannya


- Hai pemirsa ketemu lagi dengan fz, apa kabarnya? fz harap semua sehat walafiat ya. Yang pertama kali ketemu sama fz kuy sini fz peluk biar momen pertamax kita bertemu soswit gitu muehehe.

Engine Brake? Apa itu?

Engine brake, sebut saja ebrak ya wkwk. Ebrak adalah suatu proses memperlambat kendaraan menggunakan mesin dengan cara menurunkan speed atau percepatan (gigi). Maksudnya gimana.?
Misal si rider lagi makai gigi 4, di depan ada yang ngerem, langsung turunkan gigi ke gigi 3.

Kenapa disebut Ebrak? kenapa gak ketoprak.? Fz sengaja biar gak lapar kalau baca artikelnya wkwk. Ebrak perlu digunakan untuk membantu rem dalam proses pengereman dengan memanfaatkan putaran mesin karena perpindahan gigi transmisi dari tinggi ke rendah yang dikenal dengan Engine brake.

Lalu bagaimana cara menggunakan engine brake yang baik?

Yap, menggunakan ebrak juga harus memerhatikan beberapa point agar penggunaannya tepat dan tidak merusak komponen mesin. Melakukan ebrak harus melakukan perpindahan gigi secara berurutan dari 5,4,3,2 hingga 1. Jangan langsung dari 5 ke 1 karena akan membuat semua komponen yang berkaitan dari mesin transmisi, gardan, ban akan cepat mengalami kerusakan.
Turunkan gigi maksimal 2 kali misal dari 5 ke 3 jika posisi saat itu sangat mendadak dan darurat. Jangan lupa jangan hanya menggunakan ebrak saja, bantu juga dengan rem.

Jika pada kendaraan transmisi manual, lepas gas, tekan kopling lalu turunkan gigi dan lepas kopling perlahan sambil menekan rem.
Pada kendaraan dengan transmisi otomatis cukup dengan menurunkan posisi dari D ke 3, 2 atau L, jangan lupa untuk mengumbar gas agar mobil tidak menghentak.
Pada sepeda motor yang bertransmisi semi automatic atau sepeda motor bebek, cukup dengan mengumbar gas lalu turunkan gigi gas sekali lagi lalu lepaskan tuas gigi secara perlahan agar halus. Yap, pasti pernah dengar orang yang bawa motor mau ngerem suaranya begini : heenggg, ngeeng heenggg.. wkwk. yap itulah dia ebrak.

Mau langsung dicoba? wkwk.
Oke itu dia dari fz tentang engine brake, selalu konsentrasi penuh saat dijalan, rawat selalu kendaraan agar selalu prima untuk menemani kita dijalan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu