Apa Penyebab Suara Bising Di CVT Motor Matic?



- Heaa hai pemirsa yang fz sayangi dan cintai, ketemu lagi dengan fz yang bawel puol. Oh iya, motornya kenapa? ada suara bising di CVT motor maticnya? duh kira-kira kenapa? yuk cekidot.

Yap, suara bising pada CVT saat motor digunakan tentu sangat menggangu ridernya. Pasalnya, suara bising dari CVT tersebut terdengar lebih keras dari suara mesin dan knalpot. Efeknya membuat semua mata memandang begitu seorang rider melintas.

Karena sudah menjadi pilihan favorit menjadikannya begitu banyak varian, jenis, dan model motor matic, yang membuat permasalahan berisiknya CVT menjadi tidak asing lagi. Banyak faktor yang membuat CVT menjadi berisik ketika motor sedang dikendarai, tapi yang paling sering menjadi penyebabnya ada 2, yaitu CVT kotor dan kerusakan CVT.

CVT yang kotor bisa disebabkan oleh motor yang sering menghajar jalan berdebu, sering digunakan jalan jauh, terendam banjir dan sebagainya. Kotoran yang menempel pada komponen di dalam CVT motor matic harus segera dibersihkan agar mencegah kerusakan komponen yang merembet pada nantinya.

Lalu CVT yang mengalami kerusakan juga menjadi penyebab timbulya bunyi berisik saat motor dikendarai. Kerusakan dapat disebabkan oleh kotoran yang dibiarkan menumpuk di komponen CVT. Akibatnya komponen di dalam CVT menjadi aus dan tidak proposional lagi.
Komponen CVT yang biasa  mengalami kerusakan seperti v-belt, roller weight dan centrifugal clucth. Komponen ini juga perlu di cek secara berkala. Baca juga : Fungsi dan Cara Mengganti Roller Motor Matic

Jadi, bersihkan v-belt secara berkala setiap 8000 km. Untuk mengatasi komponen CVT yang rusak, pemirsa fz bisa membaca artikelnya : Cara Mengatasi Kerusakan Pada Part CVT Motor Matic

Oke itu saja dari fz tentang penyebab timbulnya suara bising pada CVT motor matic, cek selalu komponen penting secara rutin dan berkala. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu