Arti penting sepasang spion di motor anda

Sumber : Google Image
FZ Motovlog - Sebagian besar pemotor, entah muda atau tua, memberi kesimpulan bahwa cermin positif ( cembung ) atau spion yang terpasang di stang, baik kiri dan kanan cuma sekedar tampilan aksesoris/ pelengkap sepeda motor. Yang pada akhirnya juga, kedua benda sederhana ini, sering dilepas karena dianggap tak penting dan hanya mengganggu penampilan motor.

Padahal, memakai spion adalah wajib bagi motor ( pemotor ), sebagaimana pasal 285 ayat 1 bahwa anda akan kena tilang bila tidak menggunakan spion saat berkendara. Selain jumlah dendanya yang lumayan, persepsi yang keliru soal spion ini, perlu segera diluruskan. Mempertaruhkan keselamatan karena gagal paham soal fungsinya, akan berbahaya bagi anda maupun pengendara lain di jalan raya.

Spion menjadi alat bantu yang sangat penting pengendara motor, dengan bantuan spion, maka anda tidak perlu lagi bersusah payah menoleh ke belakang untuk melihat kendaraan lain atau situasi apapun yang ada di belakang kendaraan anda.

Cukup memperhatikan/ melihat spion yang ada di sebelah kanan atau kiri kendaran, maka berbelok atau mendahului bisa dilakukan. Sederhana saja, tapi menjadi tidak sederhana bila spion tidak ada, bukan...??

Spion ini, berupa cermin positif yang dilapisi amalgama perak dan dibentuk sedemikian rupa untuk mempermudah/ memudahkan anda  melihat benda-benda yang ada di belakang ketika berada/ melaju di atas kendaraan. Karena sifat pembentukan bayangan dan karakteristik dari cermin positif ( spion ) adalah sebagai berikut :

1. Menyebarkan Sinar

Cermin positif atau cembung bersifat menyebarkan sinar ( divergen ). Sifat ini sama dengan sifat lensa positif yang digunakan pada kacamata untuk penderita rabun jauh.

2. Bayangan benda tegak

Bayangan benda yang dibentuk cermin positif selalu tegak. Artinya dimana pun letak suatu benda maka bayangannya tak pernah terlihat terbalik. Apa yang terbaca di spion anda, maka kenyataannya sama persis dengan kondisi sebenarnya. Anda bisa bayangkan, bagaiman kalau bayangan yang dibentuk spion kendaraan menghasilkan bayangan terbalik atau bahkan miring??

3. Membentuk bayangan semu

Spion juga membentuk bayangan semu, yang menghasilkan bayangan benda selalu berada di belakang cermin. Sederhananya, semakin benda berada jauh di belakang, maka bayangannya akan terlihat makin mengecil. Begitu juga sebaliknya, makin dekat bendanya, maka kian besar terlihat pada spion anda. ( dikutip dr viva.co.id ).

Spion, yang dilengkapi dengan cermin positif/ cembung, akan menghasilkan bayangan yang memudahkan anda tentunya berkendara dengan aman. Pakailah spion yang standart, jangan memakai spion yang tujuannya sekedar menghindari agat tidak di tilang pak polisi. Bijaklah dalam berkendara, salam Motovlog!!

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu