Bahaya Dan Penyebab Pedal Kopling Bergetar Saat Pindah Gigi Transmisi

Beberapa Bahaya Dan Penyebab Pedal Kopling Bergetar Saat Pindah Gigi Transmisi


- Waktu mengoper gigi pedal kopling terasa bergetar dan membuat jantung ini berdebar. Apakah ini cinta.?

Berbagai rintangan seperti macet, tikungan, tanjakan, turunan dan lain sebagainya saat berkendara membuat driver selalu menyesuaikan percepatannya agar mobil dapat terus melaju dengan nyaman. Namun disisi lain, disitulah kopling dan komponen bekerja keras dan cepat mengalami keausan jika ditambah beban berlebih dan gaya mengemudi drivernya yang "kasar".

Efek yang ditimbulkan pedal kopling yang bergetar ini membuat driver merasa tidak nyaman, cepat mengalami kelelahan pada bagian kakinya dan paling parah dapat mempengaruhi kinerja komponen kopling hingga rusak. Lalu apa yang menjadi penyebab pedal kopling bergetar saat digunakan? simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Pedal Kopling Bergetar Saat Pindah Gigi Transmisi

1. Permukaan Flywheel (Roda Gila) yang Oleng atau Tidak Rata
Permukaan flywheel yang mengalami ketidakrataan ini bisa disebabkan faktor usia pemakaian mobil yang terbilang cukup lama hingga pada saat permukaan kampas kopling terhubung dengan flywheel permukaannya tidak terhubung sempurna yang berujung pada bergetarnya pedal kopling saat mengoper gigi.

2. Kekencangan baut pada clucth cover dan adanya kelainan pada pegas plat kopling yang lemah
Kekencangan yang baut yang tidak merata keseluruh bagian clucth cover membuat pedal kopling terasa bergetar saat mengoper gigi. Oleh karena itu, setelah memasang baut pada clucth cover periksa lagi kekencangan masing-masing baut agar kinerja kopling maksimal.

3. Pegas diafragma pada clucth cover sudah mulai lemah
Pegas yang sudah lemah tidak dapat sepenuhnya meredam getaran saat release bearing menekan pegas diafragma. Akibatnya getaran yang dihasilkan dari putaran mesin ini akan terasa oleh driver.

4. Release bearing yang sudah rusak
Release bearing yang rusak juga menjadi penyebab pedal bergetar saat proses memindah gigi. Karena release bearing kocak dan putarannya terasa kasar.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, dapat dilakukan pergantian satu set part mulai dari plat kopling, rumah kopling dan bearing nya agar mobil kembali nyaman digunakan saat perjalanan. Sekian dari fz, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu