Ban cacing, lebih mendekatkan pengendara pada maut!

Sumber Google Image (editnya warbyazah :v)
FZ Motovlog - Belakangan ini, kendati sudah tidak mewabah lagi, namun penyuka ban cacing/ ban kecil masih cukup banyak. Terutama motor sekutik bergaya Thai bercirikan velg standard berbalut ban cacing. Pada mulanya, pemakaian ban ini lebih dikhususkan pada balapan bertipikal trek lurus atau drag, namun akhirnya melanda ke modifikasi motor harian.

Dengan penampilan ini, motor justru nampak cingkrang, kurus, dan kekurangan gizi. Dari semua jenis modifikasi, menggunakan ban cacing adalah modifikasi yang paling merugikan, berbahaya dan cenderung konyol. Kenapa, ini alasannya :

1. Motor mudah tergelincir/ selip di tikungan

Ketika anda 'mengaspal'dengan kecepatan sedang, apalagi tinggi, hal ini sangat berbahaya untuk bermanuver, karena motor akan menjadi sangat tidsk stabil. Analogi sederhananya, tentu saja traksi ban kecil tidak sanggup mengimbangi bobot motor dan pengendaranya, terlebih lagi bila anda berboncengan.

2. Bodi motor jadi bergetar 

Karena ukurannya yang kecil, ban cacing kurang maksimal meredam benturan sewaktu motor merayap dihampir semua kondisi jalan. Shock breaker tiba-tiba berubah terasa keras, stang bergetar seperti demam, keseluruhan bodi motor menjadi gemetar.

3. Ban sering bocor 

Bervelg jari2 dan dibalut ban kecil super kurus, aliran modifikasi thailook ini disepakati memang sangat berani. Dengan beban motor saja apalagi ditambah beban pengendara, ban sekecil itu tentu sering mengalami kebocoran.

4. Velg gampang penyok/ pilas

Jika bertemu jalan rusak dan berlubang parah, akan nampak beda ban standard dan ban cacing. Balutan ban cacing ini tidak akan mampu melindungi velg sebagus ban bawaan pabrikan. Sering ditemui ban cacing meliuk-liuk disepanjang jalan karena kedua velgnya tidak lurus alias peyang depan belakang sehabis terpapas lubang.

5. Setiap saat jadi incaran pak polisi

Berhati-hatilah bila anda menggunakan ban cacing atau kecil, karena setiap saat anda bisa saja kena tilang oleh pak polisi. Lalu diminta untuk menggergaji ban motor anda (hukuman untuk pengendara ban cacing dari pak polisi- sekarang).

Sekali lagi, adalah hal yang sangat konyol jika anda mempertaruhkan keselamatan hanya untuk mengikuti tren modifikasi yang sebenarnya tidak diperuntukkan atau tidak sesuai diaplikasikan bagi motor harian. Sebaiknya anda kaji ulang. Semoga bermanfaat..

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu