Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kerja dan Jenis Fuel Pump Pada Mobil dan Motor


- Penasaran pastinya seperti apa dan bagaimana cara kerja fuel pump atau pompa bahan bakar pada kendaraan kita. Oh iya, fz lupa nyapa pemirsa, hai pemirsa fz ketemu lagi deh wkwk. :v

Nah.. Apa yah fz lupa :v oh iya, fuel pump tentu fungsi utamanya ialah untuk memompakan bahan bakar dari tangki bahan bakar ke injector dan ke karburator (pada mobil). Fuel pump juga terbagi dalam 2 jenis mulai dari fuel pump mekanis dan fuel pump electric.

Jenis fuel pump dan Cara kerjanya pada kendaraan

Fuel Pump Mekanis
Yap, fuel pump jenis mekanis bekerja dengan cara digerakkan oleh mesin. Fuel pump mekanis banyak ditemukan pada mesin yang minumannya solar maupun bensin.
Cara kerja fuel pump jenis ini cukup sederhana, pada saat mesin menyala, camshaft akan menekan tuas agar valve menghisap bahan bakar lalu valve akan kembali ke posisi semula dan bahan bakar akan tertekan melewati outlet valve. Pada komponennya terdapat diafragma karet yang diapit dua bagian rumah, spring, tuas, inlet dan outlet valve.


Fuel Pump Electric
Fuel pump jenis ini biasa digunakan pada kendaraan yang menganut sistem injeksi. Cara kerjanya dengan memompa bahan bakar dari tangki ke nozzle injector dengan cara digerakkan oleh motor listrik.
Fuel pump elektrik terbagi lagi menjadi 2 jenis, mulai dari jenis fuel pump electrik dengan sistem platina atau contact point (lebih dikenal dengan nama Pompa Rotax) dan fuel pump biasa yang terdapat pada kendaraan yang menggunakan sistem injeksi (mobil dan motor).


Yap, Fuel pump mekanis bekerja dengan tekanan rendah dan sebaliknya, fuel pump elektris bekerja dengan tekanan tinggi agar hasil pengabutan bahan bakar pada nozzle injector lebih sempurna.
Untuk perawatan fuel pump, cukup dengan selalu memerhatikan kebersihan bahan bakar yang masuk ke tangki, jangan biarkan tangki sering kurang bahan bakar apalagi sampai kosong, dan periksa secara berkala fuel filter dan ganti jika filter sangat kotor.

Itu dia dari fz tentang cara kerja dan jenis-jenis fuel pump pada mobil dan juga motor, perhatikan kebersihan bahan bakar selalu, agar fuel pump awet dan selalu semangat melakukan tugasnya, oke, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Kerja dan Jenis Fuel Pump Pada Mobil dan Motor"