Cara Memperbaiki Kerusakan Karburator Semua Motor Tipe Vakum

Cara Mudah Memperbaiki Kerusakan Karburator Semua Motor Tipe Vakum


- Jika karburator rusak, maka rusak juga mood kita saat berkendara. Apalagi karburator bertingkah disaat yang tidak tepat, cinta ku tlah dimiliki. No baper mas. :v

Motor berkaburator masih banyak digunakan oleh masyarakat seperti Beat karbu, Mio, Spin, Satria F, Jupiter MX karbu, Ninja 2tak, RX King, Thunder dan lain-lain. Karena proses perbaikannya yang cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Kerusakan pada karburator jenis vakum ialah seringnya karburator mengalami macet hingga mesin tidak bisa dihidupkan.

Penyebabnya seringkali rider membuka air filter atau saringan udara agar motornya "bertambah" kencang, padahal membuka air filter hanya akan membuat motor kencang suaranya saja, tenaganya tidak ada dan hanya berfungsi memasukkan debu dan kotoran ke dalam mesin. Perlu diketahui, skep pada karburator tipe vakum sangat sensitif dengan debu. Skep karburator baret atau lecet sedikit karena debu mesin akan sukar menyala.

Nah, berikut beberapa komponen karburator tipe vakum yang mengalami kerusakan dan menjadi penyebab sulitnya motor dihidupkan.


Karet Vakum Karburator Bocor atau Robek dan Melar

Jika karet vakum mengalami kerusakan seperti ini, dapat diidentifikasi dengan mesin motor tidak dapat langsam dengan normal dan saat motor dikendarai dalam kecepatan tinggi tenaga motor terasa ngempos atau kurang.



Selain itu, karet vakum juga dapat mengalami melar. Melar dapat disebabkan faktor-U dan seringnya mengotak-atik karburator walau karburator dalam kondisi aman. Efek dari melarnya karet vakum ialah karburator tidak bekerja secara optimal dan motor jadi lambat respon.

Hal terbaik yang harus dilakukan jika karet vakum karburator rusak ialah dengan mengganti partnya dengan yang baru. Karena jika dilakukan perbaikan seperti mengelem karet, menambal karet dan sebagainya tidak akan bertahan lama dan setiap saat penyakitnya dapat kambuh lagi.


Per Skep Lemah


Per skep ini bertugas untuk mengembalikan skep ke posisi semula, namun jika per skep lemah, tentu akan menggangu dan memperlambat kinerja karburator. Penyebab per skep lemah juga karena faktor-U. Jika per skep lemah, membuat pergerakan naik turun skep tidak akurat sehingga mesin juga sulit dihidupkan. Untuk memperbaikinya per skep harus diganti.


Batang Skep Baret dan Aus

Batang skep yang baret bahkan aus sering disebabkan oleh benda asing yang masuk ke karburator seperti debu akibat membuka filter udara. Akibat buruk dari skep yang baret ialah mesin motor tidak bisa langsam, performa motor menurun dan lebih parahnya mesin motor tidak bisa menyala akibat skep macet.



Untuk memperbaiki skep yang mengalami baret halus cukup dengan mengamplas permukaan skep dengan amplas halus hingga permukaan kembali rata dan oleskan gel compound atau sejenisnya agar hasilnya maksimal.

Namun jika baret pada skep cukup dalam perbaikan hanya bisa dilakukan dengan mengganti batang skep yang baru.


Jarum Skep Baret dan Aus

Selain skep, jarum skep juga mempengaruhi kinerja mesin. Jika jarum skep rusak, maka mesin akan susah langsam dan pencampuran bahan bakar jadi tidak efisien. Penyebab kerusakan jarum skep biasa karena faktor-U. Untuk perbaikan hanya bisa dilakukan pergantian pada jarum skep atau satu set dengan batang skepnya.



Agar karburator terhindar dari berbagai masalah seperti di atas, sebaiknya hindari untuk membongkar pasang karbu jika karburator tidak mengalami masalah. Dan jangan membuka air filter atau saringan udara hanya karena iming-iming motor akan lebih kencang (biasa satria f nih yang jadi korban, kalau buat race ya lain cerita, kalau buat harian? kan aneh namanya). Oke sekian tentang Cara Memperbaiki Kerusakan Karburator Semua Motor Tipe Vakum, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu