Cara Memperbaiki Rem Cakram Mobil yang Macet

Beberapa Cara Mudah Memperbaiki Rem Cakram Mobil yang Macet


- Rem fungsinya sebagai pengatur kecepatan dan menghentikan kendaraan. Namun apa jadinya jika belum berjalan rem sudah melakukan tugasnya? yes in english is called raisomlaku. :v

Yap, rem yang suka macet tentu ada hal-hal yang tidak beres pada mobil terutama pada bagian kakinya. Jika terlambat disadari kerusakan akan merambat ke kekomponen lain seperti kampas rem habis, kaliper macet, disc brake aus, dan tidak luput juga ban cepat gundul, bahan bakar boros dan berbagai penyakit lainnya yang dapat menyebabkan dompet driver mengalami kanker akut.

Sebenarnya masalah pada rem itu hanya tiga, pertama pergerakan kaliper tidak bebas karena pen kaliper berkarat, kedua, piston rem macet karena berkarat dan ketiga, ujung plat kampas rem berkarat. Jadi intinya semua karena karat. Untuk memperbaikinya, dapat dilakukan sendiri di rumah.


Langkah Perbaikan Rem Cakram Mobil yang Macet

Pastikan mobil di tempat yang aman dan rata, ganjal ban belakang, kendurkan baut roda, dongkrak mobil, lepas baut roda, lepas roda dan waktunya eksekusi.

Pertama lepas baut yang mengunci kaliper, lepas kampasnya lalu lepas kalipernya. Tujuannya agar mudah memberikan grease pada pen kaliper. Oke, fix pen kaliper siap.


Lanjut ke kaliper dan lihat bagaimana kondisi piston remnya. Saat pengecekan piston kaliper, usahakan dua orang dengan tujuan yang satu untuk menginjak pedal rem yang satu untuk melihat gimana pistonnya. Jika ternyata pergerakan piston tidak normal dan terdapat karat di dinding piston. Segera lepas piston dan bersihkan dinding piston dengan amplas halus sambil disemprotkan anti karat seperti WD-40 lalu pasang kembali.



Catatan : Melepas piston dari kaliper cukup repot karena harus menyediakan minyak rem baru dan harus melakukan pengocokan rem. Tapi gak papa, hitung-hitung sekalian service rem.

Setelah kaliper selesai, kemudian pasang kampas rem, tapi sebelumnya, beri grease pada sisi yang ditunjuk panah agar pergerakan kampas juga bebas. Oke fix semua siap dan lakukan pemasangan komponen rem dan pastikan kekencangan baut pas.


Yap itu dia dari fz tentang cara memperbaiki rem cakram mobil yang macet dengan mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Setelah itu, selalu perhatikan komponen yang satu ini karena rem merupakan yang terpenting dalam keselamatan berkendara. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu