Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak atau Sering Tekor

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak atau Sering Tekor Cara Mengatasi Aki Mobil Soak atau Sering Tekor
Aki Mobil

Bro and Sis kali ini kita akan mengulik apa sih sebenarnya penyebab aki mobil sering tekor? Penyebab aki mobil soak masih bisa dianalisa baik itu tipe aki kering atau aki basah, terkadang yang bikin nyesek ketika aki masih baru dibeli tiba-tiba langsung ngedrop atau aki mobil cepat habis.

Keluhan di atas adalah yang sering terjadi ditengarai akan kebutuhan modifikasi atau kerusakan sistem kelistrikan, disinyalir menjadi penyebab utama aki mobil tekor.

Nah, maka dari itu di sini kita akan kupas tuntas penyebab aki mobil soak dan cara memperbaiki masalah tersebut. Hal ini selain mengatasi masalah juga akan menambah wawasan kita dalam merawat mobil agar aman dan nyaman.

Langsung saja berikut penjelasan singkat kenapa aki mobil soak atau cepat tekor.

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak atau Sering Tekor dengan Mudah

Penyebab Aki Tekor Karena Faktor Kerusakan Komponen Kelistrikan Mobil

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak atau Sering Tekor Cara Mengatasi Aki Mobil Soak atau Sering Tekor
Pully

V-belt
Pertama adalah bagian V-belt alternator yang sudah mulai mulur, V-belt kendur dapat mengakibatkan putaran alternator kurang maksimal dan cenderung lambat.

Putaran alternator yang tidak optimal mengakibatkan daya listrik yang dihasilkan oleh alternator cenderung kecil, akibatnya pasokan listrik ke aki terganggu yang mengakibatkan aki mobil cepat soak.

Cara mengatasi aki soak karena V-belt yang rewel, dapat Bro and Sis akali dengan melakukan penggantian V-belt yang baru. Akan tetapi saat melakukan pemasangan harap diperhatikan pilih lah V-belt sesuai standard, artinya jangan terlalu kencang atau kendor.

V-belt yang cenderung terlalu kencang dapat mengakibatkan pasokan arus listrik yang berlebihan dari alternator ke baterai atau aki, lain halnya jika V-belt terlalu kendur pasokan listrik juga akan berkurang. Ketepatan memilih V-belt sesuai standard akan memperpanjang umur aki mobil, secara normal aki akan bertahan selama 3 tahun.

Alternator
Komponen kedua yang bisa jadi biang keladi dari tekornya aki mobil adalah alternator yang rewel. Alternator bermasalah dapat diketahui dengan mudah, yaitu cukup dengan menempelkan besi ke pully alternator saat mesin dihidupkan. Perhatikan apakah besi melekat kuat (reaksi medan magnet yang dihasilkan alternator), jika benar berarti alternator masih dalam keadaan normal jika tidak ada medan magnet disekitar alternator berarti ada masalah pada alternator tersebut.

Sebagai penyuplai arus listrik ke aki, alternator bekerja dengan baik dan menghasilkan tegangan berkisar antara 13-14 Volt ketika kondisi mesin hidup. Tidak perlu dijelaskan lagi kenapa alternator rusak dapat menyebabkan aki mobil tekor, pastinya juga karena voltase tegangan yang dihasilkan kecil dan akibatnya aki kekurangan pasokan listrik.

Penyebab Aki Tekor Karena Penambahan Beragam Aksesoris Mobil

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak atau Sering Tekor Cara Mengatasi Aki Mobil Soak atau Sering Tekor
Aksesoris Mobil

Memasuki bagian ini kerusakan aki sudah sering dirasakan terutama bagi pecinta modifikasi mobil. Pesatnya pertumbuhan dan semakin dibutuhkannya mobil di Indonesia, menjadi trend tersendiri tak kala bosan dengan tampilan mobil bawaan pabrik yang itu-itu saja.

Saat melakukan perombakan terutama pada bagian kelistrikan, banyak komponen yang harus diubah. Hal ini untuk meminimalisir resikonya pincang salah satu komponen, terkait hal tersebut biasanya akan berdampak ke alternator dan aki mobil.

Akan tetapi kelalaian atau ketidak pedulian terhadap hal kecil tersebut sering menjadi penyebab mobil rewel salah satu aki sering tekor. Nah, berikut beberapa hal penyebab aki tekor saat melakukan modifikasi terutama pada bagian-bagian yang sifatnya membutuhkan daya yang besar seperti berikut.

Seperangkat audio dengan subwoofer, amplifier, dan monitor
Bosan berlama-lama di dalam mobil, membuat beberapa orang membutuhkan akan hadirnya sebuah kesenangan atau sekedar menghibur diri. Salah satunya biasanya adalah pemasangan audio di dalam mobil, sekedar mendengarkan musik tentu saja akan membuat perjalanan menjadi semakin tak terasa.

Kendati demikian ada beberapa komponen yang harus Bro and Sis perhatikan tak kala akan memasang seperangkat pengeras suara tersebut. Salah satunya yaitu dengan menaikan atau upgrade komponen alternator, seperti : voltase, dan rectifire (penyearah arus), untuk rotor, stator, dan gulungan masih bisa tetap digunakan. Upgrade alternator baik dilakukan untuk memperpanjang umur komponen itu sendiri setidaknya dapat bertahan sampai tiga tahun.

Alternator yang telah diberi sentuhan tentu akan berbeda rasanya, penggantian gulungan atau memasang penguat setidaknya akan mengamankan 5-10 A pengisian cadangan dari alternator ke baterai tetap terjaga. Hal itu juga akan berpengaruh terhadap kinerja alternator yang tidak terlalu berat dan tentunya akan memperpanjang umur baterai atau aki mobil.

Seperangkat lampu-lampu penghias
Berikutnya datang dari aksesoris yang bikin mata terbelalak ketika mantengin tu mobil, para pecinta modifikasi biasanya juga sering menambahkan beragam jenis lampu untuk menghiasi tunggangan kesayangannya.

Tampilan gemerlap cahaya, membutakan kita yang ingin menjadi pusat perhatian tak kala mobil lewat dengan sensasinya yang menyala. Akan tetapi terkadang banyak juga yang melupakan ketika mau upgrade tampilan yang tak diikuti daya yang mumpuni. Alhasil aki mobil tekor sering dialami, kendati aki tersebut masih baru.

Berikut beberapa hal yang musti diperhatikan saat menambahkan ketika menambahkan banyak lampu pada mobil.

  • Kabel aki usahakan juga ikut diganti dengan ukuran yang lebih besar, untuk menyalurkan arus yang besar maka ukuran tersebut dianjurkan. 
  • Batcap Xstatic komponen yang berfungsi dalam menyetabilkan arus ini dibutuhkan pada mobil, agar arus yang keluar gede, cepat, dan pastinya stabil.
  • Aki 60 Ampere terkadang kita juga perlu upgrade aki mobil yang kapasitasnya besar, untuk memaksimalkan daya yang membuat suplay listrik tetap terjaga.

Nah, jika dari beberapa hal kecil di atas sudah Bro adn Sis atasi maka tak hanya tampilan kepuasan yang akan dinikmati tetapi juga kenyamanan berkendara yang akan dirasakan.

Sebagai tambahan untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada bagian sistem kelistrikan mobil, Bro and Sis dapat memeriksa lampu indikator mobil bersimbol aki menyala lampu merah di dashboard mobil atau hanya bertulisan CHG saja.

Baca Juga : Apa Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah?

Jika mobil Bro and Sis sudah terpasang audio ditambah aksesoris lampu pendukung, dapat diterapkan cara di atas untuk mengatasi aki mobil soak atau sering tekor.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Aki Mobil Soak atau Sering Tekor"