Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara mengatasi mobil sering ngadat setelah terendam banjir

Sumber : Google Image
Mobil anda terendam banjir?

Satu jam, setengah hari, atau bahkan berhari-hari maka perlu waspada saat mulai beraktifitas kembali dengan mobil kesayangan anda.

Setelah melakukan pemeriksaan kelistrikan, penggantian oli mesin, sistem pengereman, atau komputer mobil/ ECU misalnya, jangan abaikan perhatian ke tangki bahan bakar. Lakukan penanganan lebih untuk komponen yang satu ini, karena bisa saja akan sangat menyusahkan anda saat berniat melakoni perjalanan jarak jauh.

Sedikit pengalaman pahit akan saya coba bagi di tulisan ini, setelah mengendarai mobil yang telah terendam banjir. Satu saran dari bengkel setempat untuk menyedot air yang kemungkinan masuk ke tangki bahan bakar sudah saya kerjakan, dengan harapan tidak tersisa air lagi yang bercampur dengan bensin yang tentu saja akan mengganggu sistem pembakaran.

Lalu singkat cerita, meluncurlah saya dengan hati tenang untuk memulai perjalanan pulang kampung yang berjarak lumayan sangat jauh. Sesudah menempuh jarak sekitar 40-50 km, gejala awal mulai terasa ketika kendaraan menanjak di grade jalan kurang lebih 8%, mesin mendadak mau mati atau sinjal-sinjal.

Kondisi seperti ini biasanya pertanda bahan bakar bercampur dengan air di dalam tangki. Alhasil, karena hari telah sore waktu itu, saya terpaksa bermalam di pinggir hutan karena setelah beberapa kali mencoba tapi mesin mobil selalu mengalami mati mendadak.

Keesokan hari, saya akhirnya menemukan bengkel yang bersedia membongkar tangki bahan bakar dan menguras air yang rupanya masih banyak tersisa di dalam tangki. Beberapa jam kemudian saya sudah dapat melaju tanpa kendala ngadat lagi.

Dari kejadian ini, sedikit tips akan saya coba bagikan pada anda :

1. Bersihkan tangki bahan bakar

Kendaraan terendam banjir sama dengan segera melepas dan membersihkan tangki bahan bakar agar tidak tersisa air yang sekiranya akan bercampur dengan bahan bakar. Hal ini juga untuk menghindari kerusakan yang lebih parah pada komponen lainnya.

2. Mengganti filter bahan bakar

Ganti filter bahan bakar dengan filter yang baru, agar bensin yang masuk ke ruang bakar lebih bersih.

3. Bersihkan pipa-pipa bahan bakar

Pipa-pipa bahan bakar perlu juga mendapat perhatian untuk dibersihkan mengingat air dan kotoran saat banjir kemungkinan menyumbat saluran ke arah karburator.

Sekian tentang cara mengatasi masalah ngadat pada mobil.. Moga bermanfaat, salam motovlog!

Post a Comment for "Cara mengatasi mobil sering ngadat setelah terendam banjir"