Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengecat Bodi Motor yang Benar Agar Hasilnya Maksimal

- Merubah warna motor lumrah dilakukan para rider agar tampilan motor lebih segar dan pastinya tidak membuat bosan mata rider sendiri bukan.? Nah, mengecat bodi motor sendiri dirumah dan mendapatkan hasil cat yang bagus menjadi kepuasan tersendiri bagi rider. Tapi cara ini fz khususkan dengan menggunakan alat kompressor.


Bahan-bahan dan alat yang perlu disiapkan

  • Amplas ukuran 400 : plastik, 200 : besi dan sejenisnya
  • Dempul
  • Cat dasar/Epoxy
  • Cat
  • Thinner
  • Clear coat
  • Compound/Kit
  • Kompresor Angin
  • Spray gun/Alat semprot cat
Untuk cat, clear, poxy dan lainnya, gunakan merk apa saja sesuai budget yang tersedia. Makin mahal makin bagus kualitas catnya.

Cara mengecat bodi motor yang benar agar hasil maksimal

1. Amplas permukaan bodi motor

Tujuan amplas ialah agar cat dapat melekat dengan baik pada bodi motor nanti. Amplas bodi motor sambil dialiri air. Selain itu, tujuan mengamplas bodi motor ialah untuk meratakan dan menghaluskan bodi motor. Amplas bodi motor hingga dirasa cukup kemudian keringkan dibawah terik matahari.


2. Dempul bodi motor

Jika pada bodi motor tidak ada lecet yang dalam atau tidak ada permukaan yang tidak rata maka lewati saja langkah ini. Nah, jika terdapat lecet yang dalam maka lakukan pendempulan bodi agar bodi terlihat rata.

3. Semprot Epoxy

Tujuan penyemprotan Epoxy ini untuk menutup pori-pori pada permukaan bodi motor akibat baret atau lecet halus dan sebagainya agar permukaan bodi motor yang akan dicat lebih rata dan halus. Perlu diperhatikan, sebelum poxy digunakan, poxy harus dicampur terlebih dahulu dengan thinner dengan campuran yang tidak kental tidak encer.

Setelah menyemprotkan poxy, keringkan dibawah terik matahari hingga benar-benar kering. Agar lebih maksimal keringnya, jemur saja bodi motor seharian.

4. Semprot Cat

Campur terlebih dahulu cat dengan thinner tidak kental dan tidak cair. Setelah itu mulailah menyemprot cat ke bodi motor.

Perhatikan saat mengecat bodi motor jangan langsung tebal, usahakan tipis-tipis dulu untuk dasarnya dengan jarak semprot 15-20 cm dari permukaan bodi. Ulangi terus hingga warna cat terlihat padat dan mantap.

Selain itu perhatikan tempat dimana sobat fz mengecat bodi motornya, pastikan tempat meletakkan bodi proposional tidak goyang-goyang ataupun ambruk, aman dari jangkauan anak kecil, sirkulasi udara lancar, gunakan masker, dan sebagainya yang dirasa dapat membahayakan proses pengecatan nantinya.

Setelah penyemprotan cat selesai, langsung jemur bodi motor di bawah terik matahari hingga cat kering total.

5. Semprot Clear Coat

Clear coat fungsinya untuk membuat cat lebih mengkilap dan sedap dipandang. Clear coat perlu beberapa tambahan seperti obat clearny dan thinner agar daya kilapnya makin kinclong sampai buat lalat kepleset. Untuk campurannya cukup sedang-sedang saja, tidak kental tidak cair. Setelah itu semprot clear dengan merata ke seluruh permukaan bodi dan keringkan hingga benar-benar kering di bawah terik matahari.


6. Poles cat

Daripada capek moles, cukup hindarkan bodi dari debu agar tidak lengket pada bodi dan membuat hati jadi badmood saat clear pada bodi kering nanti. Namun jika sudah terlanjur terkontaminasi, maka lakukanlah pemolesan agar hasil cat maksimal.!


Yaps itu dia cara mengecat bodi motor dengan alat kompresor yang benar agar mendapatkan hasil maksimal dan memuaskan dari fz. Untuk cara mengecat dengan cat manual atau "pilok" akan segera hadir. Semoga bermanfaat.. Selamat mencoba.

Post a Comment for "Cara Mengecat Bodi Motor yang Benar Agar Hasilnya Maksimal"