Cara Mengetahui Bushing Mobil yang Rusak


- Bushing pada mobil dibuat dengan 2 jenis. Beda jenis beda pula penempatan dan fungsinya. Seperti bushing arm yang berfungsi untuk meredam getaran yang ditimbulkan oleh mesin atau getaran yang berasal dari kendaraan yang melaju dijalan yang tidak rata dan bushing stabilizer yang berfungsi sebagai pengikat bodi ke sasis dan penyeimbang suspensi kanan kiri.

Salah satu elemen bushing terbuat karet, peletakannya yang tersembunyi, dan tugasnya yang cukup berat membuat perawatan terhadap bushing jadi kurang. Akibatnya, karet bushing jadi cepat "mati", lalu mengeras dan menimbulkan bebunyian yang mengganggu. Yaps, singkatnya, bushing juga mempengaruhi kenyamanan berkendara.

Cara Mengetahui Bushing Mobil yang Mulai Rusak

1. Timbulnya bunyi yang mengganggu

Pada saat melewati jalan yang tidak rata atau bergelombang maka akan timbul bunyi yang tidak enak didengar. Terlebih saat di dalam kabin mobil bunyi tersebut akan sangat jelas terdengar. Bunyi ini biasa timbul dari bushing stabilizer yang sudah mulai rusak.

2. Karet bushing yang retak-retak

Karet bushing yang retak-retak ini menandakan jika bushing perlu diganti. Retakan pada bushing biasa disebabkan oleh masa pakai bushing yang telah habis dan sering menopang beban berat mobil. Apalagi jika sering melewati jalan yang tidak rata.

Selain itu, saat mobil sedang melaju dan melewati jalan yang berbelok, mobil akan terasa oleng dan goyang. Ini artinya kerusakan pada karet bushing sudah sangat parah dan harus segera diganti. Pasalnya, mobil yang tidak stabil dapat menyebabkan kecelakaan karena tidak dapat dikendalikan.

3. Saat melewati jalan bergelombang arah mobil sedikit berubah

Kerusakan bushing juga dapat dideteksi dengan melewati jalan yang bergelombang. Pada saat melewati jalan tersebut, arah mobil akan sedikit berubah arah padahal kemudi tidak digerakkan.

Yaps itu dia 3 cara mengetahui jika bushing mobil sudah mulai rusak dan perlu diganti. Selalu perhatikan kendaraan agar selalu dalam kondisi prima. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu