Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot

Tips Dan Cara Mudah Menghilangkan Karat Membandel Pada Knalpot

- Cara menghilangkan karat pada knalpot mobil dan motor dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Karat jangan dibiarkan pada knalpot, karena lama kelamaan knalpot dapat mengalami keruskan seperti knalpot bocor.


Selain itu, karat juga membuat tampilan mobil atau motor jadi tidak enak dilihat. Yap, terkesan tidak terawat pastinya. Nah lalu apa yang membuat karat muncul pada knalpot.? Berikut penyebabnya.

Penyebab Karat Timbul di Knalpot

  • Knalpot jarang dibersihkan dari kotoran
  • Knalpot sering terkena air hujan
  • Di dalam knalpot terdapat embun
Untuk knalpot memang perlu mendapat penanganan khusus. Selain itu juga, knalpot sering terkena suhu yang sangat panas sehingga viskositas cat berkurang hingga akhirnya knalpot dengan mudah terjangkit karat. Untuk mengatasi karat pada knalpot coba tips seperti berikut.

Cara Mudah Mencegah Dan Menghilangkan Karat dari Knalpot

Untuk menghilangkan karat :

Amplas karat yang ada pada knalpot
Gunakan amplas halus lalu amplas permukaan knalpot yang berkarat. Agar proses pengamplasan mudah gunakan cairan khusus yang dapat merontokkan karat. Cairan yang murah dan mudah didapat ialah dengan menggunakan coca cola. Beberapa pengalaman yang dishare di media sosial mengatakan jika coca cola cukup ampuh digunakan untuk menghilangkan karat khususnya pada knalpot.


Selain coca cola, cairan lainnya seperti bensin, sabun colek, dan lain-lainnya juga dapat digunakan untuk menghilangkan karat di knalpot. Alat selain amplas juga bisa menggunakan sikat kawat jika karat pada knalpot cukup tebal. Jika baru gejala karat cukup gunakan amplas.

Untuk pencegahan dari karat :

1. Cat knalpot dengan cat high temprature
Setelah knalpot diamplas, cat knalpot dengan cat yang berkode high temp. Merk cat high temp yang bagus dapat disearching dulu di google. Tujuannya agar tampilan knalpot terlihat baru dan akan mencegah karat menempel lagi di knalpot.


2. Lakukan pemanasan mesin saat pagi hari
Tujuannya agar embun yang ada di dalam knalpot dapat keluar bersama asap knalpot. Terlebih jika mobil atau motor jarang dipakai.

3. Berikan cairan khusus untuk knalpot
Seperti misalnya anti karat yang disemprotkan ke dalam knalpot, tujuannya untuk mencegah karat yang terjadi di dalam knapot yang lama-kelamaan membuat knalpot keropos dan akhirnya bocor.

4. Jaga kebersihan knalpot
Terutama saat digunakan setelah menerjang hujan. Otomatis, kotoran seperti lumpur akan menempel. Lumpur cukup bahaya jika dibiarkan menempel pada besi, lumpur dapat menyebabkan karat bahkan keropos pada besi. Jadi, setelah digunakan saat hujan, tunggu mesin dan knalpot dingin lalu cuci knalpot hingga bersih.

Yap itu dia dari fz tentang cara menghilangkan karat yang membandel di knalpot mobil maupun motor. Oh iya satu lagi, untuk mencegah karat di dalam knalpot juga bisa dengan memberikannya oli. Karena oli gak bisa bersatu dengan air, dan semoga cinta kita tidak seperti itu ya muach wkwk. Oke itu saja, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot"